2. Apa yang terjadi jika warga negara tidak mendapatkan haknya?
Jawaban:
Jika warga negara tidak mendapatkan haknya akan menimbulkan gejolak dalam kehidupan masyarakat. Gejolak tersebut merupakan bentuk ketidakpuasan atas tidak berjalannya hak dan kewajiban secara seimbang.
3. Kita sebagai warga negara berkewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.Apa maksud dari pernyataan tersebut? Berikan contohnya.
Jawaban:
Sebagai warga negara kita wajib menghemat penggunaan minyak bumi karena ketersediaan sumber daya alam minyak bumi sangat terbatas, kewajiban sebagai warga negara adalah menghemat penggunaan minyak bumi. Salah satu contohnya adalah dengan berangkat ke sekolah menggunakan sepeda daripada menggunakan kendaraan bermotor.
4. Apa yang terjadi jika kita tidak menjalankan kewajiban kita dengan baik? Jelaskan.
Jawaban:
Jika kita tidak melaksanakan kewajiban dengan baik maka kita tidak dapat memperoleh hak.
5. Berikan saranmu cara memanfaatkan minyak bumi secara bijak!
Jawaban:
Memanfaatkan minyak bumi dengan bijak adalah menggunakan semua poduk hasil turunannya dengan bijak, misalnya:
– Menghemat penggunaan bbm dengan menggunakan transportasi umum
– Mengurangi pemakaian kantong plastik karena plastik jg salah satu turunan minyak bumi.
– Menggunakan sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti matahari, air, atau angin. Jika belum tersedia di tempat tinggal kita, bisa dimulai dengan hal sederhana seperti menghemat pemakaian listrik dan air.
Diskusikan jawabanmu secara berkelompok.
Ayo Berlatih
Hari ini kamu akan kembali bermain lempar dan tangkap bola.Kamu akan bermain dengan variasi yang berbeda. Permainan lebih ditekankan kepada teknik melempar lurus. Perhatikan arahan dan contoh dari gurumu.Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu.
Bacalah aturan permainan berikut.
Ayo, Tangkap Bola
Perlengkapan : Bola besar
Aturan bermain:
1. Kelas dibagi atas dua kelompok, kelompok A dan B.
2. Setiap kelompok membentuk lingkaran.
3. Siswa dalam setiap kelompok berdiri di dalam gambar lingkaran yang telah dibuat oleh guru.
4. Kelompok A dan B bermain secara bersamaan.
5. Setiap siswa berdiri menggunakan satu kaki (seperti terlihat pada gambar). Kaki kiri dan kanan dapat digunakan secara bergantian.
6. Setiap kelompok mendapatkan satu bola besar.
7. Setiap anggota kelompok akan mengoper bola kepada anggota kelompok lain yang berdiri berseberangan (tidak diperkenankan mengoper bola ke anggota kelompok yang berdiri di sebelah kanan atau kiri).
8. Ketika bola ditangkap seluruh peserta berpindah ke lingkaran di sebelah kiri mereka searah jarum jam.
9. Apabila bola jatuh ke tanah atau anggota kelompok tidak berdiri dengan satu kaki, maka dianggap sebagai pelanggaran.
10. Kelompok yang melakukan pelanggaran paling sedikit akan menjadi pemenang.