Ayo, kita diskusikan lebih lanjut!
Ubah pecahan menjadi persen
Jawaban:
– 3/4 = 3 : 4 x 100 = 0,75 x 100 = 75%
– 1/4 = 1 : 4 x 100 = 0,25 x 100 = 25%
– 1/2 = 1 : 2 x 100 = 0,5 x 100 = 50%
– 1/10 = 1 : 10 x 100 = 0,1 x 100 = 10%
– 2/4 = 2 : 4 x 100 = 0,5 x 100 = 50%
– 1/5 = 1 : 5 x 100 = 0,2 x 100 = 20%
– 3/5 = 3 : 5 x 100 = 0,6 x 100 = 60%
– 1/8 = 1 : 8 x 100 = 0,125 x 100 = 12,5%
– 6/20 = 6 : 20 x 100 = 0,3 x 100 = 30%
– 8/25 = 8 : 25 x 100 = 0,32 x 100 = 32%
Cara mengubah persen menjadi pecahan.
Contoh:
50% = 50/100 = …
Ubahan pecahan menjadi bentuk yang paling sederhana.
jadi, 50/100 = 1/2
Ubah menjadi bentuk pecahan.
Jawaban:
35 % = 35/100 = 7/20
80 % = 80/100 = 4/5
30 % = 30/100 = 3/10
40 % = 40/100 = 2/5
12 % = 12/100 = 3/25
28 % = 28/100 = 7/25
60 % = 60/100 = 3/5
18 % = 18/100 = 9/50
32 % = 32/100 = 8/25
90 % = 90/100 = 9/10
Selesaikan soal cerita berikut.
Pak Tagor biasanya mengisi tangki sepeda motornya dengan bensin sebanyak 28 liter dalam sebulan. Setelah menggunakan energi alternatif bioetanol, Pak Tagar menghemat bahan bakar sekitar 1/4 dari biasanya.
Berapa persen penghematan yang dilakukan Pak Tagor? Jelaskan!
Jawaban:
1/4
= 1 25/4 x 25
= 25/100
= 25%
Buatlah soal cerita tentang mengubah pecahan menjadi persen dan sebaliknya.
Jawaban:
1. Ibu membeli sayuran sebanyak 20 ikat, setelah disimpan dalam kulkas ternyata 8 ikat sayur tersebut busuk. Berapa persenkah sayur ibu yang busuk?
2. Pak Wawan memberikan uang belanja kepada istrinya sebanyak 40% dari gajinya sebulan. Berapa bagian gaji Pak Wawan yang diberikan kepada istrinya?
Tukarkan soal cerita yang kamu buat dengan teman satu meja dan minta temanmu tersebut menyelesaikannya.
Jawaban:
1. 8/20
= 8/20 x 100
= 0,4 x 100
= 40%
2. 40%
= 40/100
= 2/5
Diskusikan jawabannya secara berpasangan.
Ayo Bernyanyi
Kamu akan menyanyikan syair lagu “Kring Kring Ada Sepeda” secara berpasangan. Perhatikan cara gurumu menyanyikan lagu tersebut. Kemudian, cermati penjelasan gurumu tentang tempo dan tinggi rendah nada. Setiap pasangan akan tampil secara bergiliran.
Ketika pasangan lain tampil, kamu memperhatikan teknik bernyanyi pasangan yang tampil dan membuat catatan pada kertas yang telah disediakan guru. Catatan lebih diutamakan tentang tempo dan tinggi rendah nada.
Ayo Renungkan
• Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?
• Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
• Bagian mana yang belum kamu pahami?
• Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
• Bagaimana perasaanmu selama belajar?