Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 103 104 105 106 107 108 109 110 111, Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 103 104 105 106 107 108 109 110 111, Subtema 3 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 103 104 105 106 107 108 109 110 111, Subtema 3 Pembelajaran 2

HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 2 Kelas 4 SD/MI, pembelajaran 2 berikut ini!

Tema 2 yaitu Selalu Berhemat Energi, Subtema 3 Energi Alternatif. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 102 sampai 113. Kunci jawaban merupakan pembahasan dari soal-soal yang berada pada halaman 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109, 110, dan 111.

Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban’, ‘mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya’, ‘mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran’, ‘menyatakan pecahan campuran ke dalam pecahan biasa atau sebaliknya’, ‘menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tinggi rendah nada’.

Bacaan Lainnya

Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 116 dan 117, Subtema 3 Pembelajaran 3
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 99 dan 100, Subtema 3 Pembelajaran 1

Penggunaan energi alternatif bertujuan mengurangi penggunaan energi dari fosil, seperti minyak bumi. Mengapa? Karena butuh waktu bertahun-tahun untuk proses pembentukan minyak bumi. Selain itu, energi alternatif juga mengurangi kerusakan lingkungan. Pencemaran asap karena sisa pembakaran minyak bumi menyebar ke udara dan menyebabkan pemanasan global. Salah satu cara paling bijak yang dapat kita lakukan adalah berhemat energi.

Kunci Jawaban Halaman 103 dan 104

Ayo Berdiskusi

Ayo, Hemat Energi!

Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat … sangat … sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” dimana-mana.

Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang-bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang dapat Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Pos terkait