Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 Halaman 38 39 40 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 Halaman 38 39 40 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Buku Tema 9 Kelas 4 Halaman 38 39 40 44 45 46, Subtema 1 Pembelajaran 6

Jawaban:

Dari bacaan “Konservasi Elang di Halimun Salak”, kamu mengetahui beberapa dampak kegiatan manusia terhadap populasi burung elang jawa. Apa sajakah itu? Lengkapilah peta pikiran berikut.

Bacaan Lainnya

Jawaban:

Dampak Kegiatan Manusia terhadap Elang Jawa
– Perburuan
– Kerusakan habitat
– Perdagangan ilegal
– Alih fungsi hutan

Kunci Jawaban Halaman 39

Ayo Berdiskusi

Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Diskusikan bersama teman-temanmu (4-5 orang tiap kelompok). Tuliskan hasilnya dalam tabel berikut.

Jawaban:

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa
1. Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang jawa
2. Menjaga habitat tempat hidupnya elang jawa agar tidak semakin berkurang atau rusak
3. Tidak memburu elang jawa untuk kesenangan pribadi, seperti hobi menembak.
4. Mencegah dan melaporkan jika ada perjualbelian elang jawa
5. Tidak memelihara elang jawa sebagai koleksi pribadi
6. Membantu pemerintah mengawasi keberadaan elang jawa di sekitar kita.
7. Mengumpulkan dana bersama teman-teman seikhlasnya
8. Menumbuhkan kesadaran untuk menjaga keberadaan elang jawa melalui diskusi
9. Melaporkan kepada apabila ada perluasan lahan yang mengganggu habitat elang jawa
10. Merawat dan menjaga lingkungan di sekitar kita agar tetap hijau

Kunci Jawaban Halaman 40

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Salah satunya melalui konservasi lingkungan alam. Amatilah bentuk-bentuk konservasi yang ada di daerah tempat tinggalmu! Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu.

Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, apak/ bu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Jawaban:

LAPORAN HASIL WAWANCARA

Nama : Udin
Pertanyaan yang diajukan: Apa saja bentuk-bentuk konservasi di daerah ini?

Hasil Wawancara:

Seperti yang telah kamu ketahui bahwa konservasi merupakan pemeliharaan dan perlindungan makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan dan lingkungannya seperti air dan tanah, secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan pelestarian.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita semua melakukannya. Hal tersebut bisa dimulai dari lingkungan terkecil kita seperti di rumah dan sekolah, dengan berlatih melakukan konservasi terhadap tanaman.

Telah kita ketahui bersama bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna, baik dari jumlah maupun beragam jenisnya. Flora berarti tumbuhan dan fauna berarti hewan.

Pos terkait