Jawaban
3. Bandingkanlah hasil pengamatanmu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
a. Adakah tumbuhan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawaban:
Ada yaitu tumbuhan mawar dan palem
b. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawaban:
Ya keduanya dimanfaatkan sebagai peneduh dan tanaman hias
c. Adakah hewan yang sama yang ada di rumah dan sekolahmu?
Jawaban:
Ada yaitu hewan ikan
d. Jika ada, apakah keduanya dimanfaatkan dengan cara yang sama? Jelaskanlah!
Jawaban:
Ikan di rumah untuk dikonsumsi sementara di sekolah hanya sebagai objek percobaan
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari hasil pengamatanmu di atas?
Jawaban:
Kesimpulanku
Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tumbuhan dan hewan perlu dijaga klesetarianya.
Ayo Renungkan
1. Sebutkan tiga hal penting buatmu yang telah kamu pelajari kali ini!
2. Sebutkan cara-cara memanfaatkan tumbuhan dan hewan yang bijak di lingkungan rumahmu?
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 84 86 90 91, Subtema 2 Pembelajaran 3
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 63 65 66 70, Subtema 2 Pembelajaran 1
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Buatlah gambar tentang sebuah tanaman yang ada di rumahmu. Jelaskan nama, bagian-bagian tumbuhan, dan manfaatnya bagi lingkunganmu.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com
(Halo Belajar)