Pemberian tekanan pada baris puisi biasanya menggunakan tanda V. Perhatikanlah penggunaan tanda tersebut di bawah ini.
V menyimbolkan tekanan kata pendek sekali.
VV menyimbolkan tekanan kata agak pendek.
VVV menyimbolkan tekan kata agak panjang.
Lihatlah kembali puisi tentang “Penjaga Alamku” pada pembelajaran pertama. Berilah tanda V untuk memberikan tekanan-tekanan pada baris-baris kalimatnya.
Kemudian, latih kembali cara mendeklamasikannya dengan mengikuti tanda jeda yang telah dibuat sebelumnya dan tanda untuk memberikan penekanan. Deklamasikan puisi tersebut di hadapan teman sebangkumu. Mintalah pendapatnya, kemudian lakukan perbaikan berdasarkan pendapatnya.
Ayo Renungkan
Ceritakanlah bagaimana kamu bekerja sama dengan temanmu untuk menyelesaikan tugasmu hari ini. Nilai dan sikap apakah yang kamu kembangkan untuk bekerja sama?
Sikap saling menghargai, kerja keras, dan persatuan dan kesatuan
Apa saja yang kamu lakukan di tempat ibadahmu selain berdoa?
Mengaji, melakukan shalat, membersihkan tempat ibadah, memberikan infak
Apa yang kamu rasakan ketika kamu menjalankan kegiatan ibadahmu?
Ketika saya beribadah saya merasa tenang dan merasa denkat dengan Tuhan yang Maha Esa.
Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 4 Halaman 138 139 141 142 143, Subtema 3 Pembelajaran 4
Baca juga: Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 4 Halaman 121 122, Subtema 3 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Mintalah orang tuamu menceritakan tentang salah satu tempat ibadah yang pernah mereka kunjungi. Tanyakan mengapa orang tuamu pergi ke sana.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com
(Halo Belajar)