HALO BELAJAR – Kunci jawaban berikut membahas tentang pembelajaran 4, subtema 2, tema 1, untuk kelas 4 SD/MI.
Nah, adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam mempelajari pelajaran 4 yang terdapat pada halaman 110 sampai 115.
Kunci jawaban ini merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk kelas 4 SD/MI, Tema 1 Indahnya Kebersamaan, Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman.
Kunci jawaban merupakan pembahasan dan uraian dari soal yang terdapat pada pembelajaran 4 halaman 111 113 114 115. Materi untuk pembelajaran 4 ini meliputi ‘mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung’, ‘menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik’, ‘menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman, ‘mempresentasikan contohcontoh kerjasama dalam keberagaman’, ‘menentukan banyak sudut pada bangun datar’, dan ‘mengukur besar sudut pada bangun datar’.
Kunci jawaban berikut juga dapat berguna untuk membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Nah, simaklah Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 4 Halaman 111 113 114 115, Subtema 2 Pembelajaran 4 berikut ini dengan saksama!
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 117 118 119 120 121, Subtema 2 Pembelajaran 5
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 101 102 103 104 105 106 107 108, Subtema 2 Pembelajaran 3
Kunci Jawaban Halaman 111
Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik. Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.