Jawaban:
Pengamalan sila keempat: Udin dan teman-teman bermusyawarah untuk memutuskan pembagian tugas piket kelas secara bersama-sama. Mereka bermusyawarah dengan saling menghormati dan menerima tugas yang diberikan.
Jawaban:
Pengamalan sila keempat: Ibu guru memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk bertanya. Semua siswa dipersilakan mengacungkan tangan. Kemudian, Ibu guru menunjuk satu persatu siswa untuk menajwab pertanyaan yang diberikan. Semua siswa mendapat kesempatan secara adil.
Tuliskan contoh perilaku lainnya yang sesuai sila keempat atau kelima di sekolah!
Jawaban:
Perilaku sesuai sila keempat:
1. Mau mendengarkan pendapat teman atau guru.
2. Tidak memaksa orang lain untuk mengikuti pendapat, sikap atau tindakan.
3. Mengambil keputusan lewat musyawarah.
4. Menghormati hak orang lain dalam memberikan pendapat.
5. Melakukan hal yang telah diputuskan lewat musyawarah dengan baik.
Perilaku sesuai sila kelima:
1. Menghargai hasil kerja keras teman atau guru. Misalnya memuji gambar teman.
2. Bergotong-royong teman sekelas atau sekolah dalam menyelesaikan suatu kegiatan untuk kepentingan bersama.
3. Membantu teman yang sedang mengalami kesusahan di sekolah atau kelas untuk urusan-urusan kebaikan. Misalnya berbagai makanan.
4. Tidak membeda-bedakan teman.
5. Bersikap adil terhadap semua warga sekolah.
Kunci Jawaban Halaman 133 134
Ayo Bercerita
Ceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat atau kelima di sekolah!
Jawaban:
Penerapan sila kelima
Hari itu kami pulang sekolah seperti biasa. Aku dan Dean biasa naik sepeda karena rumah kami dekat dari sekolah. sekolah terletak di dalam komplek perumahan yang kami tinggali. Saat sampai di parkiran sepeda, ternyata ban sepeda Dean kempes. Aku berinisiatif untuk menemani Dean mencari bengkel. Kami berjalan bersama sambil mendorong sepeda. Akhirnya, kami sampai di bengkel. Setelah selesai mengisi angin ban sepeda Dean, kami pul pulang bersama.
Bu Guru meminta siswa menuliskan lagu anak yang disukai. Bu Guru membagikan kertas untuk menulis kepada semua siswa dengan adil. Mula-mula ada 275 lembar kertas. Kertas dibagikan pada siswa sebanyak 39 lembar. Berapa sisa kertas Bu Guru?
Sisa kertas dapat ditentukan dengan melakukan pengurangan.
Jawaban:
Jadi sisa kertas Bu Guru adalah 236 lembar.
Kunci Jawaban Halaman 135
Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan teliti!
1. Kapur tulis di lemari ada 116 batang. Kapur tersebut sudah dipakai sebanyak 25 batang. Berapa sisa kapur yang belum dipakai?
Jawaban:
116 batang – 25 batang = 91 batang
Jadi, sisa kapur yang belum dipakai adalah 91 batang.