Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 22 23 24 25 26 27 28, Subtema 1 Pembelajaran 2

Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 22 23 24 25 26 27 28, Subtema 1 Pembelajaran 2
Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 22 23 24 25 26 27 28, Subtema 1 Pembelajaran 2

Pahamilah bacaan di atas!

Buatlah perbandingan pelaksanaan pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda. Buatlah perbandingan dengan menggunakan prinsip: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana!

Jawaban:

Bacaan Lainnya

Pemerintahan Kolonial Inggris dan Belanda

Siapakah tokoh yang paling terkenal pada masa pemerintahan kolonial di Indonesia?
– Inggris: Thomas Stamford Raffles
– Belanda: Cornelis de Houtman, W. Daendels, Janssens, Van den Bosh.

Di manakah daerah kekuasaannya?
– Inggris: Sumatra, Ambon dan Banda
– Belanda: Hampir seluruh wilayah Indonesia

Kapankah waktu pemerintahan kolonial di Indonesia dimulai?
– Inggris: 1811-1816
– Belanda: 1602-1945

Kebijakan apa yang diambil selama pemerintahan kolonial berlangsung?
– Inggris:
1. Sistem sewa tanah
2. Pembagian wilayah pulau Jawa menjadi 16 wilayah keresidenan
3. Kerja rodi
– Belanda:
1. Penyerahan hasil bumi
2. Tanam paksa
3. Undang-undang agraria
4. Kerja rodi

Bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintahan kolonial?
– Inggris: Sangat menderita
– Belanda: Sangat menderita

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Halaman 23

Ayo Berdiskusi

1. Bentuk kelompok diskusi yang beranggotakan 3-5 siswa.
2. Lakukan diskusi kelompok mengenai permasalahan berikut.
a. Faktor-faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra bangsabangsa Eropa.
b. Ringkasan peristiwa dibentuknya VOC.
c. Kondisi rakyat Indonesia pada masa pelaksanaan tanam paksa.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas. Beri kesempatan kepada setiap anggota kelompok untuk berbicara atau menjawab pertanyaan dari kelompok lain.

Ingat, saat berbicara di depan kelas, pastikan suaramu cukup jelas terdengar. Bicaralah dengan kalimat yang teratur dan tidak terburu-buru.

Jika kamu telah selesai presentasi, mintalah satu orang temanmu untuk memberikan penilaian seperti dalam tabel di bawah ini. Kamu juga memberikan penilaian terhadap presentasi seorang temanmu.

Jawaban:

Hasil Diskusi

a. Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra
– Rempah-rempah sangat mahal di Eropa.
Pada waktu itu pasokan rempah-rempah disalurkan ke Eropa dilakukan melalui jalur darat di Konstantinopel. Konstantinopel dikuasai oleh Turki, sedang Turki berselisih dengan bangsa-bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah menjadi tersendat. Bangsa-bangsa Eropa membutuhkan rempah-rempah untuk pengawet makanan, obat-obatan dan bumbu masak, oleh karena itu bangsa Eropa membuat alternatif baru dalam memasok kebutuhan mereka.
– Mencari kekayaan (gold)
Mencari daerah sumber penghasil rempah-rempah dan pencarian ini dilakukan melalui jalur laut.
– Menyebarkan agama (Gospel)
Dalam mencari kekayaan, misi mereka juga diikuti oleh misi menyebarkan agama (Gospel) sesuai dengan perintah pemuka agama bangsa-bangsa Eropa. Misi khusus tersebut dianggap tugas suci dalam menyebarkan ke daerah jajahan, dan dipelopori oleh bangsa Portugis.
– Adanya keinginan mencari kejayaan (Glory)
Di Eropa, ada anggapan bahwa apabila suatu negara mempunyai banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory), sehingga negara-negara di Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.
– Perkembangan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
Dengan ditemukannya kompas untuk menjelajah, dikembangkannya teknik pembuatan kapal untuk menjelajah samudra dan ditemukannya mesiu untuk persenjataan.

Pos terkait