Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 42 43 46 48 49, Subtema 1 Pembelajaran 4

Jawaban:

B. Membuat Kliping Dampak Modernisasi

Secara Sosial Kamu telah memahami dampak modernisasi dari artikel dan kegiatan sebelumnya. Sekarang buatlah kliping mengenai hal tersebut. Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Kumpulkanlah paling sedikit dua artikel dan gambar dari surat kabar, majalah, atau media lainnya.

Carilah artikel dan gambar yang menjelaskan dampak modernisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelumnya, bacalah perintah pembuatannya berikut ini.
1. Gunakan surat kabar, majalah, atau media lain sebagai sumbernya.
2. Jelaskan artikel tersebut dengan menggunakan kata tanya : di mana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana.
3. Jangan lupa mencantumkan sumbernya.
4. Buatlah klipingmu semenarik mungkin agar mengundang orang lain untuk membacanya. Tuliskan dengan kalimat sederhana bagaimana artikel dan gambar tersebut menjelaskan dampak modernisasi secara sosial.

Jawaban:

Artikel

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dipengaruhi Budaya Asing

Sadarkah kamu bahwa Indonesia mengalami banyak perubahan akibat adanya modernisasi. Perubahan memang selalu mengarah menjadi baik, tetapi ada juga yang menjadi tidak baik karena ketidaksesuaian dengan kebiasaan di Negara kita. Berikut adalah contoh-contoh perubahan kebiasaan orang Indonesia yang dipengaruhi negara lain.

1. Cara Berpakaian

Dewasa ini, cara berpakaian masyarakat mengikuti perkembangan fashion dari negara lain. Seperti yang kita lihat bahwa banyak sekali menggunakan celana pendek di depan umum. Orang dulu menutup auratnya tetapi sekarang dibuka dan bahkan yang lebih parah lagi menjadi tren mode untuk kalangan remaja dan menjadi kebiasaan banyak orang.

2. Jenis Hiburan

Jenis hiburan orang Indonesia sekarang sudah mulai mengadopsi dari budaya asing. Sekarang ini jenis hiburan masyarakat Indonesia semakin banyak dan bervariasi seperti bermain game controller, Virtual Reality, Augmented Reality, dan menyukai musik-musik kpop, barat dan lainnya. Nah, karena kita menyukai musik dari negara lain biasanya kita jadi termotivasi ingin belajar bahasa dari negara tersebut bukan?. Tapi akibatnya kita jadi meninggalkan permainan tradisional atau permainan khas dari Indonesia.

3. Gaya Hidup

Gaya hidup atau lifestyle masyarakat Indonesia juga sudah banyak dipengaruhi oleh budaya asing loh. Sebagian masyarakat sudah menerapkan gaya hidup yang lebih baik seperti tepat waktu, workaholic, vegetarian. Tetapi ada juga dampak negatif yang didapat jika memilih gaya hidup yang salah seperti suka memakan junk food, mengkonsumsi minuman keras, dan lainnya.

Pos terkait