Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184 187 190 191 192 194 195, Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184 187 190 191 192 194 195, Subtema 3 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 184 187 190 191 192 194 195, Subtema 3 Pembelajaran 5

Sumber: Buku Tematik Tema 9 Kelas 6, Pusbuk, 2015

Ayo Berdiskusi

Bersama dengan teman sekelompokmu, gunakan peta pikiran atau diagram untuk membuat rangkuman dari informasi bacaan di atas.

Bacaan Lainnya

Dari diagram yang kamu buat, bentuklah ke dalam sebuah lini masa yang memuat tokoh, masa, penemuan dan dampaknya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan gambar yang unik yang membedakan antara satu masa ke masa yang lainnya. Gunakan kertas ukuran A3 untuk membuat lini masamu. Presentasikanlah hasil pekerjaanmu di depan kelas.

Buatlah sebuah kesimpulan dari kegiatan di atas tentang dampak penemuan terhadap kehidupan di sekitarmu.

Jawaban:

Ayo Berlatih

Sebagaimana kamu dan kelompokmu telah membuat model sistem tata surya tiga dimensi dengan menggunakan data-data yang telah kamu olah sebelumnya, kini saatnya kamu akan mengujinya dan mempresentasikannya dalam sebuah pameran sederhana. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan anggota kelompokmu.

1. Siapkan tempat yang cukup luas untuk menampilkan hasil pekerjaanmu.
2. Periksalah setiap bagian model tata surya yang telah kamu buat dan cocokkan kembali dengan data yang telah kamu olah sebelumnya.
3. Pastikan semua keterangan yang menjelaskan model tersebut terpasang dengan benar dan ada pada tempat yang tepat.
4. Ujilah masing-masing bagian apakah semuanya sesuai dengan rencana semula dan bekerja seperti yang kamu inginkan.
5. Berlatihlah dengan teman-temanmu untuk mempersiapkan presentasi dengan menggunakan model tata surya yang telah kamu buat.
6. Presentasikanlah dengan percaya diri di depan pengunjung yang berkunjung ke tempatmu memajang hasil pekerjaanmu.

Siti : ”Hai, terima kasih sudah berkunjung ke pameran sederhana kami tadi, Made. Terima kasih juga telah memberikan pertanyaan kepada kelompok kami.”

Made : ”Sama-sama, Siti. Kelompok kami sangat menghargai kerja keras kelompokmu. Kalian telah membuat model dan mempresentasikan hasil pekerjaan kelompok dengan baik. Kami berharap, kelompok kalian juga akan memberikan masukan yang baik juga untuk kelompok kami pada saat pameran nanti”

Siti : ”Tentu, Made. Terima kasih telah menghargai kerja keras kami. Bicara tentang kerja keras, aku jadi teringat sebuah kisah seorang anak yang bekerja keras untuk memberikan kejutan kepada ibunya. Pasti si Ibu akan senang sekali.”

Made : ”Wah, tentu kisah yang menarik! Bolehkah aku membacanya?

Ayo Membaca

Kado Ulang Tahun Ibu
Oleh Diana Karitas

Tsaqif termenung pagi ini di kelasnya yang masih sepi. Tsaqif memang biasa datang pagi ke sekolah. Namun, biasanya ia akan main bola di lapangan sekolah dengan atau tanpa teman. Ia memang suka bermain bola. Amir yang datang kemudian memerhatikannya dengan heran. Tidak biasanya, pikir Amir.

Pos terkait