Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kesimpulan:
Dari pengamatan percobaan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa jamu kunyit asam termasuk campuran. homogen.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 41

Ayo Bernyanyi

Nyanyikan lagu-lagu berikut.

Bacaan Lainnya

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui tangga nada diatonis mayor dan minor. Sekarang, kamu akan mempelajari tangga nada pentatonis. Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada terdiri atas lima nada.

Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Urutan tangga nada pelog yaitu 1-3-4-5-7. Urutan tangga nada slendro yaitu 1-2-3-5-6.

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Suwe Ora Jamu” tersebut? Nada apa saja yang digunakan?
Jawaban:
Saya merasa bahagia, nada yang digunakan adalah pelog

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Lir-ilir” tersebut? Nada apa yang terdapat pada lagu “Lir Ilir”?
Jawaban:
Saya merasa sedih, nada yang digunakan slendro.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 41 dan 42

Ayo Mengamati

Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut
Jawaban:
1. Lir-ilir
– Judul Lagu: Lir-ilir
– Jenis tangga nada: Slendro
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Suwe Ora jamu
– Judul Lagu: Suwe Ora jamu
– Jenis tangga nada: Pelog
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Dengarkan lagu-lagu pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskan judul lagu yang telah kamu dengarkan, jenis tangga nadanya, dan berikan penjelasan mengenai lagunya.
Jawaban:
1. Cingcangkeling (Jawa Barat)
– Judul Lagu: Cingcangkeling
– Jenis tangga nada: Slendro
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Macepet-cepetan (Bali)
– Judul Lagu: Macepet-cepetan
– Jenis tangga nada: Pelog
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang sikap santun dan percaya diri Pengetahuan tentang klan, benda campuran, tangga nada lagu Keterampilan tentang mengomunikasikan, mengidentifikasi, bernyanyi.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 45 46 47 48 53, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 29 30 31 33, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kegiatan Bersama Orang Tua

Pilihlah lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitarmu. Mintalah orang tua untuk membantu memilih lagu. Bersama orang tuamu, nyanyikan lagu yang telah dipilih. Kemudian, tuliskan syair lagu pada kolom berikut.
Jawaban:
Macepet-cepetan (Bali)

Pos terkait