Rombongan yang nama sekolahnya disebutkan panitia tampak bersorak dan bertepuk tangan. Tak terkecuali rombongan SD Nusantara. Mereka sangat bersyukur dapat meraih juara dalam dua kategori. Pak Bani dan guru-guru pendamping mengucapkan selamat kepada anak didik mereka.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah arti kata audisi dan registrasi yang terdapat pada bacaan tersebut?
Jawaban:
Arti kata audisi dan registrasi yang terdapat pada bacaan tersebut adalah : Audisi adalah pengujian atau tes yang dilakukan terhadap penyanyi, penari, dan sebagainya, sedangkan registrasi : pencatatan; pendaftaran
2. Apa tujuan panitia festival dan lomba seni menentukan lagu perjuangan sebagai lagu wajib?
Jawaban:
Meningkatkan rasa cinta tanah air. Selain itu, lagu wajib juga dapat mempererat ikatan kesatuan dan persatuan bangsa.
3. Sikap apa yang dilakukan siswa SD Nusantara yang menunjukkan persatuan dan kesatuan?
Jawaban:
– Siwa-siwai SDN Nusantara sepakat akan menyanyikan dua buah lagu, yaitu “Bangun Pemudi Pemuda” dan “Suwe Ora Jamu”. Menyayikan lagu daerah lain menunjukan prsatuan dan kesatuan.
– Mereka kompak berlatih paduan suara, Dindu, Rinta, dan Boni menggambar, Ifa, berlatih menari tarian tradisional, Lisa dan Fiona sedang berlatih membaca puisi.
– Mereka bersaing secara sehat dalam lomba dan tidak saling menjatuhkan antarpeserta.
– Dalam Lomba eni merka bertemu dengan siswa lain dari berbagai sekolah di Kabupaten Siliwangi sehingga saling mengenal. Ini menunjukkan bahwa mereka ingin bersatu dengan siswa dari sekolah lain.
4. Berasal dari mana lagu daerah yang dinyanyikan kelompok paduan suara SD Nusantara?
Jawaban:
Lagu Suwe Ora Jamu berasal dari Jawa Tengah
5. Apa pesan yang termuat dalam bacaan tersebut?
Jawaban:
Kegiatan Lomba seni dapat memperkukuh rasa kesatuan dan persatuan bangsa. Selain itu melalui Lomba Seni kita dapat menghargai dan menghormati kesenian daerah lain.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Halaman 191 dan 192, Pasar Tradisional Muara Kuin
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 174 175 176 177 181, Subtema 3 Pembelajaran 6
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.