Pengulangan kata pada lagu menunjukkan adanya pilihan kata yang digunakan untuk menunjukkan sasaran iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan informasi yang dipentingkan.
Berdasarkan kedua contoh iklan televisi di atas, dapat dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang mampu menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum.
Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
1. Pilihan kata yang digunakan menarik, tepat, logis, dan sopan.
2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
3. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan.
4. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran.
Kunci Jawaban Halaman 82
Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.
Jawaban:
1. Produk yang diiklankan: mie instan
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran, dengan menekankan pada kata “Puas Sedapnya”, sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati kesedapan mie tersebut.
2. Produk yang diiklankan: bimbingan belajar
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “Belajarnya Nomor Seru, kualitasnya nomor satu” sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati mengikuti bimbingan belajar tersebut agar belajar seru dengan kualitas nomor satu.
3. Produk yang diiklankan: mobil
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “Satu untuk sejuta impian”, sehingga khalayak terpengaruh untuk membeli mobil tersebut.
Dalam pembuatan iklan sangat dibutuhkan adanya kerja sama antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya dapat bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.
Kerja sama tidak hanya dibutuhkan dalam dunia usaha seperti usaha periklanan. Kerja sama juga dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.