Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 36 37 38 41 42, Subtema 1 Pembelajaran 5

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Suwe Ora Jamu” tersebut? Nada apa saja yang digunakan?

Jawaban:

Bacaan Lainnya

Saya merasa bahagia, nada yang digunakan adalah pelog

Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Lir-ilir” tersebut? Nada apa yang terdapat pada lagu “Lir Ilir”?

Jawaban:

Saya merasa sedih, nada yang digunakan slendro.

Kunci Jawaban Halaman 41 42

Ayo Mengamati

Nyanyikan kembali lagu Lir-ilir dan Suwe Ora Jamu. Kemudian, identifikasilah tangga nada masing-masing lagu tersebut

Jawaban:

1. Lir-ilir
– Judul Lagu: Lir-ilir
– Jenis tangga nada: Slendro
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Suwe Ora jamu
– Judul Lagu: Suwe Ora jamu
– Jenis tangga nada: Pelog
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Dengarkan lagu-lagu pentatonik lainnya, selain dua lagu itu. Kemudian, tuliskan judul lagu yang telah kamu dengarkan, jenis tangga nadanya, dan berikan penjelasan mengenai lagunya.

Jawaban:

1. Cingcangkeling (Jawa Barat)
– Judul Lagu: Cingcangkeling
– Jenis tangga nada: Slendro
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-2-3-5-6.

2. Macepet-cepetan (Bali)
– Judul Lagu: Macepet-cepetan
– Jenis tangga nada: Pelog
– Penjelasan: Pada lagu tersebut banyak digunakan nada-nada 1-3-4-5-7.

Ayo Renungkan

Apa saja yang sudah kamu pelajari hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran yang kamu peroleh hari ini? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hasil Renungan
Hari ini saya telah belajar tentang sikap santun dan percaya diri Pengetahuan tentang klan, benda campuran, tangga nada lagu Keterampilan tentang mengomunikasikan, mengidentifikasi, bernyanyi.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 45 46 47 48 53, Subtema 1 Pembelajaran 6

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 29 30 31 33, Subtema 1 Pembelajaran 4

Kegiatan Bersama Orang Tua

Pilihlah lagu yang isinya mengenai benda-benda di sekitarmu. Mintalah orang tua untuk membantu memilih lagu. Bersama orang tuamu, nyanyikan lagu yang telah dipilih. Kemudian, tuliskan syair lagu pada kolom berikut.

Jawaban:

Macepet-cepetan (Bali)

Jani m’lati macepet-cepetan
Nanging limane tusing dadi matiang
Sejaba ento mekajang dadi
Nyenje kalah lakar gedhing

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Mikirbae.com

Pos terkait