Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 55 56 57 58, Subtema 2 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 55 56 57 58, Subtema 2 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 SD Halaman 55 56 57 58, Subtema 2 Pembelajaran 1

Kerjakan tugas berikut bersama kelompokmu.

1. Tulislah proses terjadinya air tanah.
Jawaban:
Proses terjadinya air tanah:
Air bergerak meninggalkan tanah ke udara melalui penguapan dan air kembali turun lagi ke tanah dalam bentuk air hujan. Air yang turun kembali ke tanah dalam bentuk air hujan kemudian masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori tanah. Air yang masuk dalam tanah kemudian diserap oleh tumbuhan melalui akar-akarnya untuk kemudian menjadi air cadangan (sumber air)

2. Tulislah faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah.
Jawaban:
Faktor-faktor yang mempengaruhi ketersediaan air tanah:
Kondisi tanah dan iklim, hutan banyak yang gundul akibat penebangan liar, dan pembangunan jalan yang menggunakan aspal atau beton.

Bacaan Lainnya

3. Tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah.
Jawaban:
Kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air bersih:
Bijaksana dalam menggunakan air, menanam pohon/penghijauan, membuat lubang resapan, dan memperluas daerah resapan air tanah.

Bacalah hasil diskusimu, lalu serahkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Kekeringan dapat terjadi karena beberapa sebab, yaitu faktor alam dan kegiatan manusia. Salah satu penyebabnya karena faktor alam yaitu kondisi tanah dan iklim. Kondisi tanah berbatu akan menyebabkan tanah tidak dapat menyimpan air. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui lebih jelas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 57

Ayo Mencoba

Lakukan kegiatan berikut bersama kelompokmu (4-5 orang).

1. Siapkan air, batu bata, bongkahan-bongkahan batu, dan dua buah wadah, misalnya loyang.
2. Pada satu loyang letakkan batu bata. Pada loyang lain letakkan bongkahanbongkahan batu.
3. Tuangkan air ke dalam loyang setinggi 5 cm. Diamkan selama lebih kurang 1 jam.
4. Setelah 1 jam, amati tinggi air pada setiap loyang.
5. Apa hasil pengamatanmu? Adakah perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang?
Jawaban:
Ada perbedaan tinggi permukaan air pada kedua loyang.

6. Apa yang terjadi pada air di loyang berisi batu bata?
Jawaban:
Pada loyang berisi batu bata, air berkurang.

7. Apa yang terjadi pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu?
Jawaban:
Pada loyang berisi bongkahan-bongkahan batu, tinggi air tetap.

8. Apa yang dimaksud air tanah?
Jawaban:
Air tanah adalah air hujan yang meresap dan mengalir di bawah permukaan tanah.

9. Apa yang dimaksud air permukaan?
Jawaban:
Air permukaan adalah air yang ada di permukaan tanah dan tidak terserap ke dalam tanah.

10. Dari percobaan di atas, loyang manakah yang menunjukkan terbentuknya air tanah dan loyang mana menunjukkan terbentuknya air permukaan?
Jawaban:
Dari percobaan tersebut, loyang berisi batu bata menunjukkan terbentuknya air tanah. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dapat menyerap air. Sebaliknya, loyang berisi bongkahanbongkahan batu menunjukkan terbentuknya air permukaan, karena batu tidak dapat menyerap air.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 57 dan 58

Ayo Bercerita

Pos terkait