Informasi penting apa yang dapat kamu temukan pada teks “Air untuk Kebutuhan Sehari-hari?” Tulislah dalam bentuk peta pikiran berikut.
Jawaban:
Paragraf 1
– Sebagian besar (97%) air di bumi berupa air laut yang tidak bagus untuk diminum.
– Hanya 3% air di dunia berupa air segar yang dapat digunakan untuk minum, memasak, dan mencuci.
Paragraf 2
– Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen, yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba.
Paragraf 3
– Masyarakat memerlukan air dalam jumlah yang sangat besar.
– Air diambil dari sungai-sungai atau sumur.
– Air dialirkan dalam tangki dan ditambahkan gas chlorine untuk membunuh kuman.
– Air dipompa melalui pipa bawah tanah menuju ke rumah-rumah penduduk.
Paragraf 4
– Sumber air lainnya didapat dari sumur.
– Dahulu, orang menggunakan timba, namun, sekarang menggunakan pompa air listrik.
– Pompa mengalirkan air menuju ke bak penampung, kamar mandi, dapur, dan tempat-tempat lain.
Ayo Renungkan
Hari ini saya belajar tentang:
Jawaban:
– Sikap menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain dan sikap cermat
– Pengetahuan tentang peristiwa atau tindakan dalam bacaan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air
– Keterampilan tentang menuliskan peristiwa atau tindakan dalam bacaan, dan mempresentasikan hasil diskusi
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 104 105 106 108 109 110, Subtema 3 Pembelajaran 2
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 94 dan 95, Subtema 2 Pembelajaran 6
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama orang tuamu, identifikasikan pengaruh kualitas air bagi keluargamu.
Jawaban:
Penjelasan:
Air di rumahku memenuhi sayarat air bersih karena tidak keruh, tidak berwarna apa pun, tidak berasa apa pun, tidak berbau apa pun, tidak meninggalkan endapan
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)