Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

HALO BELAJAR – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 SD/MI halaman 125 126 128 129, Pembelajaran 5.

Pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 125 sampai 130, merupakan materi Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan.

Buku Paket Tema 8 berjudul Lingkungan Sahabat Kita, terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru tahun 2017.

Bacaan Lainnya

Kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 134 135 136, Subtema 3 Pembelajaran 6

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119 121 122 123, Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Halaman 125

Ayo Mencoba

Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

1. Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).

2. Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh. Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.

3. Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.

4. Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.

5. Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

6. Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi tingkat pemboroan air

Alat dan bahan:
– 1 buah gelas (ukuran ±300 mL).
– 1 buah bak mandi/tampungan air

Langkah-langkah Percobaan:
– Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
– Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan!
– Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
– Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
– Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

Hasil Percobaan:
Ternyata gelas penuh dalam waktu sekitar setengah jam saja. Jika kebocoran air selama 24 jam maka akan ada 48 gelas air yang akan terbuang sia-sia

Kesimpulan:
Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa banyak sekali pemborosan air yang terjadi di sekitar kita. Dari jumlah air yang terbuang dapat kita ketahui tingkat pemborosan air.

Pos terkait