Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

HALO BELAJAR – Berikut disajikan kunci jawaban untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI/. Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya Pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 125 sampai 130.

Tema yang dibahas yaitu Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Subtema 3 Usaha Pelestarian Lingkungan. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Kunci jawaban berikut berisi pembahasan soal pada halaman 125, 126, 128, dan 129. Kunci jawaban juga menguraikan materi ‘melakukan percobaan untuk mengetahui tingkat pemborosan air’, ‘bertanya jawab tentang cara memelihara ketersediaan air bersih’, ‘membuat buklet tentang cara-cara memelihara ketersediaan air bersih’, ‘membaca bacaan, lalu menyebutkan langkah-langkah membuat gambar cerita’, ‘membuat sketsa gambar cerita’.

Bacaan Lainnya

Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 8 Kelas 5 berikut. Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 134 135 136, Subtema 3 Pembelajaran 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119 121 122 123, Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125

Ayo Mencoba

Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

1. Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
2. Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan! Apabila tidak ada keran air di sekolahmu, dapat diganti dengan penampung air, misalnya ember atau kaleng bekas. Buatlah lubang kecil pada penampung air itu, kemudian isilah dengan air hingga penuh. Usahakan lubang itu cukup kecil sehingga air hanya keluar dengan menetes.
3. Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
4. Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
5. Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?
6. Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru.

Jawaban:

Laporan Kegiatan Percobaan Mengetahui Tingkat Pemborosan Air

Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi tingkat pemboroan air

Alat dan bahan:
– 1 buah gelas (ukuran ±300 mL).
– 1 buah bak mandi/tampungan air

Langkah-langkah Percobaan:
– Sediakan satu buah gelas (ukuran ±300 mL).
– Bukalah keran air sekecil mungkin sehingga air hanya menetes perlahan-lahan!
– Tampunglah tetesan air tersebut hingga gelas penuh. Gunakan air yang kamu tampung untuk mencuci piring atau menyiram tanaman.
– Catatlah waktu yang diperlukan oleh tetesan air untuk memenuhi gelas tersebut.
– Seandainya keran atau tandon air di rumahmu bocor sehingga air menetes seperti pada percobaan ini, berapa liter air yang terbuang sia-sia selama satu hari (24 jam)?

Pos terkait