Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119 121 122 123, Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119 121 122 123, Subtema 3 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 119 121 122 123, Subtema 3 Pembelajaran 4

Jawaban:

1. Jenis usaha: Petani kapas
Peran: Menghasilkan buah kapas
Keuntungan yang diperoleh: Memperoleh uang dari penjualan kapas

Bacaan Lainnya

2. Jenis usaha: Pemintal benang
Peran: Mengubah serat kapas menjadi benang
Keuntungan yang diperoleh: Memperoleh jasa dari pekerjaannya

3. Jenis usaha: Pemilik pabrik tekstil
Peran: Mengubah benang menjadi kain
Keuntungan yang diperoleh: Memperoleh keuntungan dari penjualan kain

4. Jenis usaha: Pegawai pabrik tekstil
Peran: Melakukan proses produksi kain
Keuntungan yang diperoleh: Memperoleh jasa dari pemilik pabrik tekstil

5. Jenis usaha: Penjahit
Peran: Mengubah kain menjadi pakain
Keuntungan yang diperoleh: Memperoleh jasa dari pemesan baju

Kunci Jawaban Halaman 122 123

Ayo Renungkan

Pengetahuan apa yang aku pelajari hari ini?
– Hari ini saya telah belajar pengetahuan mengenai cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha dan keragaman sosial masyarakat

Sikap apa yang aku kembangkan hari ini?
– Hari ini saya telah belajar tentang sikap teliti dalam membaca teks dan menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain

Apa yang dapat aku berikan kepada lingkungan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikapku?
– Dengan keterampilan, sikap dan pengetahuan yang telah saya pelajari pada hari ini saya ingin menghormati usaha ekonomi orang lain dan meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 5

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 5 Halaman 115 116 117, Subtema 3 Pembelajaran 3

Kegiatan Bersama Orang Tua
Bersama orang tuamu, identifikasikan nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalmu.

Nilai-nilai kebersamaan dalam keragaman sosial di lingkungan tempat tinggalku:
– Saling menghargai dan menghormati antar sesama
– Bergotong royong antar sesama
– Menolong jika ada yang membutuhkan
– Saling bekerja sama antar sesama.
– Selalu mengedepankan semangat menjaga persatuan dan kesatuan.
– Tidak membatasi lingkungan pergaulan dan pertemanannya pada etnis tertentu
– Saling berbagi makanan dan rejeki pada perayaan hari-hari tertentu
– Ikut bergabung dalam kegiatan sosial di lingkungan setempat
– Ikut kegiatan kerja bakti membersihkan kampung,
– Bersama-sama menjaga keamanan lingkungan

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Mikirbae.com

Pos terkait