Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:
a. tempo lambat, contoh lento = lambat (56-58 MM) ;
b. tempo sedang, contoh andante = seperti orang berjalan (72-76 MM);
c. tempo cepat, contoh allegro = cepat, hidup, dan riang (132-138 MM).
Ayo Berlatih
1. Amatilah teks lagu “Injit-Injit Semut”. Identifikasi tinggi rendah nada dari notasi angka lagu di depan. Apa yang kamu temukan? Buatlah garis melodi pada syair yang kamu tulis.
Jawaban:
2. Sekarang giliranmu mempelajari lagu tersebut. Dengarkan penjelasan guru. Bersama dengan kelompokmu, nyanyikan lagu “Injit-Injit Semut” dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat. Simaklah saat kelompok lain menyanyikan lagu tersebut!
3. Apa yang kamu rasakan ketika menyanyikan lagu tersebut? Jelaskan jawabanmu!
Jawaban: Pada notasi angka lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan nada tinggi, sedang, dan rendah.
4. Jelaskan tempo dan tinggi rendah nada dalam lagu tersebut!
Jawaban: Lagu “Injit-Injit Semut” menggunakan tempo agak cepat yang artinya sedang.
5. Apa saja lagu daerahmu? Tuliskan judul dan makna lagu tersebut!
Jawaban: Lagu daerah saya Gundul Pacul dan Gek Kepriye (Jawa Tengah).
Ayo Renungkan
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Jawaban: Hari ini saya telah belajar tentang keragaman karakteristik individu berdasarkan ciri fiksi dan tempo pada lagu.
Apa keragaman sifat yang ada dalam keluargamu?
Jawaban: Keragaman sifat yang ada dalam keluargaku misalnya ada yang pemalas, suka menolong, rajin belajar, dan rajin ibadah.
Apa manfaat keragaman sifat dalam keluargamu?
Jawaban: Manfaat keragaman sifat dalam keluargaku diantarnya adalah dapat memahami sifat antar anggota keluarga dan memupuk rasa saling menghormati dan menghargai.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 52 54 55 57 58 59, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 31 32 33 35 36 37 38 39, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kerja Sama dengan Orang Tua
Pada Pembelajaran 2 kamu sudah mencatat syair lagu daerah yang dinyanyikan oleh orang tuamu. Sekarang, mintalah kepada orang tuamu untuk mengajarimu menyanyikan lagu daerahmu.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– mikirbae.com