HALO BELAJAR – Simak di bawah ini kunci jawaban Tema 8 Kelas 2 SD/MI halaman 15 16 17 18 19, Pembelajaran 2.
Pembelajaran 2 yang mulai dari halaman 11 sampai 19, merupakan materi Subtema 1 Aturan Keselamatan di Rumah, Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan.
Buku Tema 8 Kelas 2 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Kunci jawaban Tema 8 Kelas 2 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 21 22 25 26, Subtema 1 Pembelajaran 3
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 2 Halaman 3 4 6 7, Subtema 1 Pembelajaran 1
Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Meli, dan Lani akan bermain menirukan bagaimana cara binatang berjalan.
Mereka akan bermain di halaman rumah Udin. Akan tetapi, halaman rumah Udin masih kotor. Halaman rumah Udin perlu dibersihkan.
Ayo Mengamati
Amatilah halaman rumah Udin. Apakah kamu dapat menemukan benda-benda yang dapat membahayakan diri?
Setelah dibersihkan. Halaman rumah terlihat bersih dan aman untuk bermain.
Ayo Membaca
Udin dan teman-teman mulai bermain menirukan gerakan binatang berjalan. Permainan ini dapat dilakukan di darat atau di air. Misalnya, di kolam atau di sungai yang bersih di sekitarmu. Menirukan gerakan binatang berjalan berguna untuk melatih otot-otot kaki agar tidak kaku.
Bacalah petunjuk bermain menirukan gerakan binatang berjalan berikut dengan nyaring!
Aturan Bermain Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air
Bermain “Menirukan Gerakan Binatang Berjalan di Air” dilakukan secara berkelompok. Semakin banyak anak, akan semakin seru. Mengingat permainan ini dilakukan di air, setiap anak harus berhati-hati. Permainan ini juga harus dalam pengawasan guru atau orang dewasa.
Awali dengan hom pim pa. Anak-anak yang menang, akan berdiri membentuk lingkaran. Anak yang kalah akan berada di tengah lingkaran.
Anak tersebut akan bernyanyi “ikuti … ikuti … aku …” sambil anak menirukan gaya seekor binatang. Misalnya monyet berjalan. Anak-anak yang lain menirukan berjalan keliling seperti monyet. Setelah berjalan keliling satu putaran, anak yang berada di tengah berteriak menyebutkan nama seorang teman.
Anak yang disebut namanya segera maju. Dia juga bernyanyi “ikuti … ikuti … aku …” sambil memeragakan gerakan jalan seekor binatang. Binatang yang ditirukan tidak boleh sama. Begitu seterusnya. Jika anak yang ditunjuk tidak dapat menirukan gerakan binatang berjalan, anak tersebut akan kalah. Dia akan mendapat hukuman. Hukumannya menyanyi sambil menari.