HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 SD/MI, pembelajaran 4 berikut ini!
Tema 7 yaitu Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 44 sampai 58. Kunci jawaban merupakan pembahasan dari soal-soal yang berada pada halaman 46, 47, 48, 50, 52, 53, 54, 55, 56, 57, dan 58.
Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘membaca peristiwa-peristiwa sejarah pada masa awal pergerakan nasional’, ‘mengamati kondisi kehidupan masyarakat Indonesia pada masa awal pergerakan nasional di berbagai bidang’, ‘membaca faktor-faktor yang membedakan suku bangsa satu dengan yang lain’, ‘menyebutkan peristiwa-peristiwa seputar Sumpah Pemuda 1928’, ‘bercerita identitas dan keragaman suku bangsa teman-temannya’, ‘wawancara keragaman suku bangsa di lingkungan tempat tinggalnya’.
Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman daam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 60 61 64 66 67 68 69, Subtema 1 Pembelajaran 5
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 30 32 33 35 37 41 42 43, Subtema 1 Pembelajaran 3
Berbagai perlawanan terhadap penjajah terus mengalami kegagalan karena perlawanan masih bersifat kedaerahan. Kemudian, lahir sistem perjuangan baru yang dikenal dengan kebangkitan nasional.
Bangsa Indonesia mengalami penderitaan akibat penjajahan mulai awal abad ke-17 sampai abad ke-20. Pada masa penjajahan, bangsa Indonesia telah berusaha sekuat tenaga untuk mengusir penjajah dan bercita-cita menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari penjajahan. Berbagai bentuk perlawanan terhadap penjajah yang dilakukan oleh para raja, bangsawan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dilakukan dengan cara mengangkat senjata. Namun, pada umumnya, bentuk perlawanan semacam itu mengalami kegagalan.
Adapun faktor penyebab gagalnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah adalah sebagai berikut.
a. Perjuangan bersifat kedaerahan.
b. Perlawanan tidak dilakukan secara serentak.
c. Masih bergantung pada pimpinan (jika pemimpin tertangkap, perlawanan terhenti).
d. Kalah dalam persenjataan.
e. Belanda menerapkan politik adu domba (devide et impera).
Berdasarkan pengalaman tersebut, kaum terpelajar ingin berjuang dengan cara yang lebih modern, yaitu menggunakan kekuatan organisasi. Lahirnya organisasi-organisasi tersebut menandai lahirnya masa pergerakan nasional.