Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 1 2 6 7 8 9 10 13 14 15 16 17, Subtema 1 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 1 2 6 7 8 9 10 13 14 15 16 17, Subtema 1 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 1 2 6 7 8 9 10 13 14 15 16 17, Subtema 1 Pembelajaran 1

HALO BELAJAR – Adik-adik, berikut dijabarkan materi berserta kunci jawaban untuk Kelas 5 SD/MI, pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 1 sampai 17.

Materi yang diuraikan berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, halaman 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16, dan 17. Materi yang dijabarkan yaitu ‘membaca bacaan tentang peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia’, ‘membuat peta pikiran’, ‘mengamati gambar tentang rempah-rempah’, ‘membaca teks tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas’, ‘berdiskusi tentang ulasan bacaan’, ‘melakukan percobaan untuk menunjukkan perbedaan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas’, ‘menceritakan proses kedatangan bangsa- bangsa Eropa di Indonesia’.

Kunci jawaban ini dapat adik-adik jadikan sebagai pedoman dalam mempelajari Tema 7 yang berjudul Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.

Bacaan Lainnya

Kunci jawaban Tema 7 Kelas 5 juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa. Nah, mari kita simak bersama kunci jawaban berikut ini!

Baca juga:Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 22 23 24 25 26 27 28, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD Halaman 30 32 33 35 37 41 42 43, Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Halaman 1 dan 2

Banyak peristiwa dalam kehidupan. Ada peristiwa pribadi, peristiwa keluarga, peristiwa masyarakat, bahkan ada juga peristiwa yang dialami oleh bangsa dan negara.

Peristiwa dapat dibedakan menjadi dua macam. Pertama, peristiwa yang menyenangkan (peristiwa yang membuat kita senang). Kedua, peristiwa yang tidak menyenangkan (peristiwa yang membuat kita sedih).

Amati gambar-gambar berikut!

Berikan tanda centang (V) pada peristiwa menyenangkan.
Berikan tanda silang (X) pada peristiwa tidak menyenangkan.

Jawaban:

Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempahrempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
Jawaban:
Bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah karena harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat tinggi.

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsabangsa Eropa?
Jawaban:
Harga rempah-rempah semahal emas. Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan.

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
Jawaban:
Jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453 menyebabkan bangsa Eropa mengalami kesulitan medapatkan rempah-rempah. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Pos terkait