Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164 165 166 168 172 173, Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164 165 166 168 172 173, Subtema 3 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 164 165 166 168 172 173, Subtema 3 Pembelajaran 2. (Buku Tematik K13)

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.

Jawaban:

Kosakata pada Bacaan

Bacaan Lainnya

Kunci Jawaban Halaman 165

Ayo Berlatih

Setelah itu, ceritakan kembali isi bacaan yang berjudul “Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan” dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat yang efektif.

Jawaban:

Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Pelajar memiliki peran untuk mengisi kemerdekaan. Para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Perjuangan pelajar tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang. Pelajar harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Ayo Mencoba

Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan adalah dengan belajar giat dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Carilah informasi mengenai perilaku dan kegiatan positif yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.

Kegiatan-Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan: Di Rumah, Di Sekolah, Di Masyarakat.

Jawaban:

Kunci Jawaban Halaman 166

Ayo Berkreasi

Catatan Harianku

Buatlah tabel catatan kegiatanmu sehari-hari. Siapkan dua tabel. Tabel pertama berisi catatan kegiatan positif yang kamu lakukan dalam sehari. Tabel kedua berisi catatan kesalahan.

Jila kamu melakukan perbuatan baik, kamu berhak mendapatkan tanda bintang pada tabel kebaikan. Misalnya, kamu baru saja membantu ibu menyapu lantai. Kamu dapat menulis sendiri dan membubuhkan tanda bintang.

Begitu pula dengan kesalahan. Catatlah kesalahan yang kamu perbuat dan berilah tanda sedih.

Mintalah bantuan orang tuamu untuk mengamati. Di akhir pekan, hitunglah jumlah bintang dan tanda sedih. Bandingkanlah, berapa banyak kamu berbuat kebaikan dan berapa banyak kamu berbuat kesalahan. Dengan demikian, kamu akan bisa mengontrol perilakumu.

Jawaban:

Catatan Harianku
(Kebaikan yang Kuperbuat, Kesalahan yang Kuperbuat)

Kunci Jawaban Halaman 168

Ayo Mencoba

Lakukan percobaan berikut di dalam kelompok!

PERCOBAAN
Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan
– 4 buah batu bata untuk membuat tungku
– 1 buah lilin
– 1 buah kaleng susu bekas
– Air laut atau larutan garam

Pos terkait