Tuliskan kembali kalimat utama dari setiap paragraf agar dapat terbentuk ringkasan.
Jawaban:
Manusia butuh makanan terus-menerus. Agar makanan selalu tersedia, manusia mulai menggunakan teknologi pangan. Teknologi pangan penting untuk menghasilkan jenis makanan baru.
Ayo Bernyanyi
Setelah membaca dan bercerita tentang teknologi pangan, Lani mengajak teman-teman bernyanyi bersama. Bibi Lani memperkenalkan sebuah lagu baru.
Ceritakan ringkasan yang telah dibuat olehmu secara bergantian di depan kelas!
Ayo Berlatih
Dengarkan dengan baik lagu “Tukang Sayur” yang dinyanyikan oleh gurumu. Masih ingatkah kamu arti dari pola irama? Pola irama adalah susunan sekelompok bunyi yang muncul berulang-ulang secara teratur dalam sebuah lagu.
Apakah lagu “Tukang Sayur” memiliki pola irama yang berbeda? Nyanyikan lagu tersebut secara bergantian dengan temanmu. Iringi nyanyian temanmu dengan berbagai gerakan untuk menunjukkan pola irama berbeda. Pola irama 1 diiringi dengan tepuk tangan.
Pola irama 2 diiringi dengan petikan jari. Pada lirik lagu tersebut, pola irama yang berbeda ditandai dengan gambar alat musik yang berbeda.
Ayo Mengamati
Bibi Lani membeli tempe di tukang sayur. Warnanya putih dengan kumpulan kedelai di dalamnya. Lani dan teman-teman mengamatinya. Tempe yang dibeli Bibi cukup besar. Udin mengajak teman-teman mengukur luas permukaan bidang tempe. Tempe tersebut berbentuk persegi.
Udin mengukur luas tempe menggunakan potongan segitiga yang terbuat dari daun pisang. Potongan segitiga daun pisang merupakan alat ukur tidak baku.
Tempe yang berbentuk persegi, dapat dipotong menjadi bentuk segitiga. Amati bentuk di bawah ini!
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 28
Ayo Berlatih
Hitunglah luas permukaan bidang berikut.
Jawaban:
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 SD Halaman 30 31 33 35 36, Subtema 1 Pembelajaran 4
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 SD Halaman 14 18 19 20, Subtema 1 Pembelajaran 2
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orangtua dapat mengajak siswa untuk mengidentifikasi alat ukur tidak baku untuk mengukur luas benda yang berada di sekitar rumah. Contoh alat ukur tidak baku misalnya, buku tulis.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 7 Perkembangan Teknologi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.