Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 19 21 22, Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 19 21 22, Subtema 1 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 19 21 22, Subtema 1 Pembelajaran 2

Sementara itu Tikus sudah lelap dalam sarangnya. Ular yang masih dalam keadaan lapar segera mengendap-endap mendekati sarang Tikus meski ia masih sangat kesal terhadap Tikus. Dan kini ular telah berada di sisi Tikus yang sedang tidur pulas.

Ular : “Hei, Tikus. Aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantapmu!”

Tikus segera terbangun dari tidurnya. Sambil berpura-pura menguap, ia mulai memutar otak agar bisa lolos dari cengkeraman sang Ular.

Bacaan Lainnya

Tikus : “Tunggu dulu Ular, sahabatku. Kalau kau ingin memakanku, kau harus berpikir dulu. Kita hanya berdua di sini, tidak ada hewan lain. Jika kau memakanku maka kau akan sendiri. Kau tidak akan mempunyai teman yang dapat kauajak mencari makan. Kalau begitu kau tidak akan makan dan akhirnya kau akan mati!”

Sejenak sang Ular terdiam. Ia mencoba merenungkan nasihat Tikus.

Ular : “Jadi, kita tidak bisa hidup sendiri?”

Tikus : “Tentu. Bukankah kita bisa berteman dan tentunya kita dapat mencari makan bersama. Bukankah itu lebih menyenangkan daripada nantinya setelah kau memakanku kau hanya akan hidup sendiri.”

Ular mengangguk tanda mengerti.

Ular : “Baiklah kalau begitu, maafkan aku!” Tikus pun memaafkan ular. Mereka tersenyum bahagia, kemudian beranjak mencari makanan bersama-sama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 19

Ayo Berdiskusi

Diskusikan sikap kebersamaan yang dilakukan oleh Ular dan Tikus! Tulis hasil diskusi kalian!
Jawaban:
Dalam cerita Kecerdikan menumbuhkan kebaikan, sikap kebersamaan yang dilakukan oleh Ular dan Tikus adalah bersama-sama berteman untuk mencari makan karena tidak bisa hidup sendirian.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 21

Ayo Menulis

Coba kamu tulis nama temanmu yang membacakan dongeng tersebut berdasarkan nomor urut presensi!

No. Peran Presensi
1. Pencerita 1, 4, 7, …
2. Ular 2, 5, 8, …
3. Tikus 3, 6, 9, …

Kamu juga dapat mengelompokkan temantemanmu berdasarkan siswa yang menggunakan kacamata dan tidak menggunakan kacamata.

No. Pengelompokkan Nama Siswa
1. Siswa yang memakai kacamata Membaca naskah teks sang Ular:
2. Siswa yang tidak memakai kacamata Membaca naskah teks Tikus:

Kamu juga dapat mengelompokkan temantemanmu berdasarkan siswa yang berbeda jenis rambut.

No. Pengelompokkan Nama Siswa
1. Siswa berambut keriting Membaca naskah teks sang Ular:
2. Siswa berambut lurus Membaca naskah teks Tikus:

Selain pengelompokan berdasarkan perbedaan tersebut, dapatkah kamu melakukan pengelompokan berdasarkan perbedaan yang lain? Coba amati teman-temanmu! Tuliskan hasil pengamatanmu!
Jawaban:
Hasil pengelompokan berdasarkan: Tinggal lahir (ini hanya contoh saja, sesuaikan dengan tanggal lahir teman-teman kalian)

No. Pengelompokkan Nama Siswa
1. Siswa bertanggal lahir genap Meli, Udin, Beni, dan Dayu
2. Siswa bertanggal lahir ganjil Lani, Siti, Edo dan Ali

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 22

Ayo Berdiskusi

Pos terkait