HALO BELAJAR – Berikut disajikan kunci jawaban Pembelajaran 6, Subtema 2, Tema 7, untuk Kelas 2 SD/MI. Adik-adik dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menjadikan kunci jawaban ini pedoman dalam mengoreksi jawaban siswa.
Kunci jawaban berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah, Tema 7 Kebersamaan. Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 107 sampai 111. Sementara itu, untuk pembahasan soal terdapat pada halaman 108, 109, dan 110.
Materi pada pembelajaran 6 ini meliputi ‘mengamati kegiatan Siti dan teman-teman menghias kelas’, ‘menulis kembali cerita dongeng fabel’, ‘membuat kreasi pecahan’, ‘menari “Tari Kijang’.
Nah, mari kita simak bersama Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 108, 109, dan 110, Subtema 2 Pembelajaran 6 berikut!
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 118 119 120 123, Subtema 3 Pembelajaran 1
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 102 103 104 105 106, Subtema 2 Pembelajaran 5
Ayo Mengamati
Lomba Kebersihan
Hari ini, kelas Siti mengikuti lomba kebersihan kelas. Sebagian siswa bekerja sama membersihkan kelas. Sebagian siswa menghias kelas. Edo membersihkan kaca jendela. Lani membuat beberapa hiasan. Dayu menata hasil karya menulis cerita dongeng dengan temannya.
Ayu merapikan hasil karya teman-temannya tentang pecahan. Suasana kelas menjadi semarak. Setelah siap, Siti mengundang Ibu guru dan kepala sekolah untuk berkunjung ke kelas. Mereka melakukan penilaian. Beberapa siswa menampilkan tarian untuk menyambut kepala sekolah.
Semua siswa sangat senang mengikuti kegiatan lomba kebersihan. Mereka menunjukkan rasa kebersamaan untuk kelasnya.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 2 Halaman 108 dan 109
Ayo Menulis
Tulislah cerita dongeng yang pernah disampaikan guru! Kemudian, beri hiasan yang menarik!
Jawaban:
Ikan dan Burung
Di sebuah hutan burung dan ikan yang bersahabat dekat. Kedekatan keduanya melalui suatu kejadian yang mengubah mereka.
Waktu beristirahat di pinggiran sungai ikan berusaha mendapatkan biji-bijian, namun tidak berhasil. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu.
Perhatiannya teralihkan oleh seekor burung yang sedang terbang. Dalam hati ikan mengatakan mengapa Tuhan tidak memberinya sayap untuk terbang agar bisa meraih biji-bijian itu.
Setelah beterbangan, burung hinggap di dahan pohon untuk beristirahat. Ia melihat banyak sekali cacing bergeliatan di dalam air. Burung berusaha masuk ke dalam air untuk menyelam, namun tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang.