HALO BELAJAR – Kunci Jawaban Kelas 1 SD/MI berikut merupakan pembahasan yang bisa adik-adik jadikan pedoman untuk materi pembelajaran 6 halaman 40 sampai 46.
Materi yang dibahas antara lain ‘menggambar lambang sila ke 4 pancasila’, ‘mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup berdasarkan kosakata yang ditentukan’, ‘menentukan nilai tempat suatu bilangan’.
Materi tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Tema 7 dengan judul Benda, Hewan, dan tanaman di Sekitarku, Subtema 1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita.
Kunci jawaban ini merupakan pembahasan dari soal yang terdapat pada halaman 40, 41, 45, dan 46. Dengan demikian, pembahasan ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 50 52 53, Subtema 2 Pembelajaran 1
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 SD Halaman 34 35 37 38 39, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 Halaman 40
Ayo Berlatih
Kamu sudah mengetahui bahwa gambar lambang negara di dinding kelas termasuk benda tak hidup. Kamu juga sudah mengetahui simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila. Sambungkan garis putus-putus berikut agar membentuk simbol sila ke-4. Warnailah gambar tersebut sesuai dengan simbol sila ke-4.
Jawaban:
Kemudian tuliskan bunyi sila ke-4 pada tempat berikut ini.
Jawaban:
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 Halaman 41
Ayo Berlatih
Apakah kamu masih ingat ciri-ciri benda hidup? Coba perhatikan gambar di bawah. Isilah titik-titik di bawah ini menggunakan kata yang tersedia.
Jawaban:
Aku tahu kuda disebut benda hidup karena berkembang biak.
Aku tahu burung disebut benda hidup karena membutuhkan makan.
Aku tahu kucing disebut benda hidup karena tumbuh besar.
Aku tahu ulat disebut benda hidup karena bergerak.
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 1 Halaman 45 dan 46
Ayo Berlatih
Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup. Boneka, mobil-mobilan, dan kartu adalah benda tak hidup. Dadu pun termasuk benda tak hidup. Mari, mencoba membuat dadu. Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut. Kemudian rekatkan dengan lem sehingga membentuk dadu.
Setelah membuat dadu, lakukan kegiatan berikut.
1. Buatlah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.
3. Tentukan pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.
4. Lemparlah kedua dadu secara bersamaan.
5. Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.