HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban Tema 6 Kelas 5 SD/MI, Pembelajaran 2 berikut ini!
Tema 6 yaitu Panas dan Perpindahannya, Subtema 3 Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan. Pembelajaran 2 dimulai dari halaman 145 sampai 154. Kunci jawaban merupakan pembahasan dari soal-soal yang berada pada halaman 147, 148, 149, 150, 151, 152, dan 153.
Materi berasal dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Adapun pembahasannya berupa ‘mencermati bacaan dan menyebutkan kata kunci dari teks penjelasan’, ‘menuliskan kembali isi teks bacaan, dan menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan’, ‘mengamati lingkungan sekitar dan mengisi tabel informasi, untuk menjelaskan bendabenda yang dapat bersifat mempercepat dan menghambat perpindahan kalor’, ‘membuat kliping untuk mengidentifikasi ciriciri gambar cerita’.
Semoga kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Selain itu, kunci jawaban ini juga diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 157 158 161 162 163 164 165, Subtema 3 Pembelajaran 3
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 138 139 141 142 143, Subtema 3 Pembelajaran 1
Suatu pagi, Lani bergegas memasuki ruang kelas dengan membawa sebuah kotak. Ia segera menemui Dayu, yang saat itu sudah ada di kelas.
“Dayu! Coba lihat, saya bawa apa?” tanya Lani sambil menunjukkan sebuah kotak.
“Ah, kamu akhirnya mendapatkan botol minum tahan panas yang selama ini kamu idamkan, Lani! Bolehkah saya melihatnya?” timpal Dayu ikut senang.
“Tentu saja, Dayu. Saya senang sekali, akhirnya saya dapat menyimpan teh panas atau air dingin dari rumah agar saya masih bisa menikmatinya di sekolah. Nanti kita berbagi ya Dayu!” jawab Lani.
“Sebenarnya saya lebih penasaran dengan cara kerja benda itu, Dayu. Bahan apa saja yang digunakan benda itu untuk menjaga panas dari air teh panas tidak keluar sehingga tetap hangat. Dan kamu pun tetap dapat memegangnya tanpa kepanasan.” Jawab Dayu.
“Di dalam kotak ini ada brosur yang menggambarkan bagian-bagian benda ini. Nanti kita lihat ya! Tetapi saya bawa sebuah artikel yang kurasa juga menarik untuk kita ketahui. Sejarah termos! Benda ini pun sebenarnya hampir sama dengan termos yang biasa kita pakai untuk menyimpan air panas. Maukah kamu membaca bersama saya?” tanya Lani.
“Tentu saja!” jawab Dayu bersemangat.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 147 dan 148
Ayo Membaca
Sejarah Termos
Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos memang sering digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan. Biasanya keluarga yang memiliki bayi yang memerlukan susu setiap saat, menggunakan termos untuk menyimpan air panas. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis. Benda ini dirancang berbentuk seperti kaca dengan bahan mengkilap yang dapat menyimpan cairan agar tetap memiliki suhu seperti semula. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan cepat. Panas yang dikeluarkan oleh air panas tadi, dapat ditahan oleh dinding dalam termos yang terbuat dari bahan mengkilap ini. Sehingga air panas di dalamnya akan tetap hangat hingga beberapa saat tergantung dari ketebalan dindingnya. Saat ini termos tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas, tetapi juga untuk menyimpan air dingin agar tetap dingin.