Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 13 14 16 17 18 21, Subtema 1 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 13 14 16 17 18 21, Subtema 1 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 13 14 16 17 18 21, Subtema 1 Pembelajaran 2

Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap dalam daur hidup belalang mengalami perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.

Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis sempurna dan tidak sempurna?
Jawaban:

Contoh Hewan dengan Metamorfosis Sempurna Contoh Hewan dengan Metamorfosis Tidak Sempurna
  1. Katak
  2. Nyamuk
  3. Lalat
  4. Kumbang
  5. Semut
  6. Lebah
  7. Kala Jengking Terbang
  1. Jangkrik
  2. Kecoa
  3. Capung
  4. Tonggeret
  5. Rayap
  6. Kutu Daun
  7. Anggang – Anggang

Ayo Renungkan

Bacaan Lainnya

1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
Jawaban:
Hari ini saya telah belajar tentang dikap ketelitian dan tanggung jawab. Pengetahuan tentang tanda tempo tinggi rendah nada pada lagu, ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait, dan daur hidup makhluk hidup yang berbeda.

2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
Jawaban:
Keterampilan yang saya kembangkan hari ini adalah mengamati lagu dan mengidentifikasi tanda tempo tinggi rendah nada, menyanyikan lagu dengan tempo yang tepat, mengamati puisi dan mengidentifikasikan ciri-ciri yang berkaitan dengan akhir baris pada bait, dan membuat kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap daur hidup kupu-kupu dan belalang.

3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Jawaban:
Hal menarik yang saya alami pada pembelajaran ini adalah bahwa ternyata hewan memiliki metamorfosis yang berbeda-beda.

Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 25 26 27 28 29 30 31 32, Subtema 1 Pembelajaran 3
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 8 9, Subtema 1 Pembelajaran 1

Kerja Sama dengan Orang Tua

– Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.

– Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat.

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema 6 Cita-citaku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pos terkait