Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 95 96 97 Pembelajaran 6 Subtema 2 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 95 96 97 Pembelajaran 6 Subtema 2 Buku Tematik
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 95 96 97 Pembelajaran 6 Subtema 2 Buku Tematik

Jawaban:

Lingkungan Sekolah:
– Mempelajari tarian tradisional dari daerah lain.
– Bersama-sama menengok ke rumah teman yang sedang sakit.
– Mengerjakan tugas secara berkelompok antar siswa-siswa bersamaan.
– Bersama-sama melaksanakan tugas piket di ruang kelas.
– Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran di sekolah.

Lingkungan Rumah:
– Bekerja sama membersihkan lingkungan rumah.
– Bersama-sama membantu ibu menyiapkan makanan di dapur.
– Membantu ibu membereskan alat makan sesudah selesai makan.
– Belajar bersama dengan teman-teman di dekat lingkungan rumah.
– Bekerja sama memelihara tanaman di lingkungan sekitar rumah.

Bacaan Lainnya

2. Melakukan Wawancara

– Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.

– Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.

Jawaban:

Lingkungan Sekolah:
– Kepala sekolah dan para guru saling membantu dalam tugas melaksanakan pembelajaran di sekolah.
– Penjaga sekolah dan siswa bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
– Sekolah bersama komite sekolah saling membantu dalam memajukan pendidikan di sekolah.
– Sekolah mengundang wali siswa untuk musyawarah tentang kegiatan di sekolah.
– Sekolah, komite, sekolah, dan warga sekolah bekerjasama membangun lingkungan pendidikan yang baik.

Lingkungan Rumah:
– Para guru, kepala sekolah, dan pegawai sekolah saling menengok jika ada yang sakit.
– Jika ada siswa yang sakit mereka bersama-sama menengok.
– Orang tua siswa bekerja sama membentuk kelompok peduli pendidikan di sekolah.
– Para siswa mengumpulkan dana secara sukarela untuk ikut membantu siswa yang mengalami kesulitan biaya sekolah.
– Siswa belajar kelompok supaya bisa saling membantu dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru di sekolah.

3. Mendiskusikan Hasil Wawancara

– Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.

a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?

Jawaban: Semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan kunci terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI sehingga keutuhan bangsa terjaga.

b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?

Jawaban: Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa seorang individu tidak mampu hidup sendiri. Suatu saat seorang individu pasti membutuhkan orang lain. Dan manfaat dari semangat kekeluargaan dan gotong royong yaitu tujuan dapat dicapai lebih mudah dan cepat karena dilakukan bersama-sama.

Pos terkait