Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 94 95 96 97, Subtema 2 Pembelajaran 6

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 94 95 96 97, Subtema 2 Pembelajaran 6
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 94 95 96 97, Subtema 2 Pembelajaran 6

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga dapat dilihat sebagai mereka yang memiliki hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut merasakan penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan contoh dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala.

Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi bagian dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua sikap positif ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.

1. Melengkapi Tabel

• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa contoh semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.

Jawaban:

Lingkungan Sekolah Lingkungan Rumah
  1. Mempelajari tarian tradisional dari daerah lain.
  2. Bersama-sama menengok ke rumah teman yang sedang sakit.
  3. Mengerjakan tugas secara berkelompok antar siswa-siswa bersamaan
  4. Bersama-sama melaksanakan tugas piket di ruang kelas.
  5. Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran di sekolah.
  1. Bekerja sama membersihkan lingkungan rumah
  2. Bersama-sama membantu ibu menyiapkan makanan di dapur
  3. Membantu ibu membereskan alat makan sesudah selesai makan.
  4. Belajar bersama dengan teman-teman di dekat lingkungan rumah
  5. Bekerja sama memelihara tanaman di lingkungan sekitar rumah

2. Melakukan Wawancara

• Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui perilaku gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.

Pos terkait