Romi, Adi, dan Budi juga tak kalah sibuk. Mereka membantu membersihkan selokan yang tertutup tanah. Romi mengeruk tanah itu dengan sekop kecil miliknya. Adi juga sama. Ia mengambil tanah yang menutupi selokan dengan cangkul. Budi menampung tanah dengan karung yang dibawa..
Waktu menunjukkan pukul 11 siang dan semua pekerjaan sudah selesai. Wilayah RT 03 menjadi lebih bersih dan rapi. Sudah tidak ada tumpukan sampah ataupun selokan yang mampet. Karena lingkungan tempat tinggal sudah lebih bersih, warga pun senang dan siap menghadapi musim hujan.
A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?
Jawaban:
Tokoh utama pada teks di atas adalah Romi
2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?
Jawaban:
Permasalahan yang timbul pada cerita adalah ketika musim hujan, penyakit demam berdarah juga datang karena banyaknya air yang tergenang.
3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?
Jawaban:
Pemecahan masalah berdasarkan cerita adalah warga bekerja bakti membersihkan lingkungan.
4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?
Jawaban:
Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.
B. Kegiatan proyek
Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
• Sebutkanlah ekosistem buatan yang ada di lingkunganmu dan manfaatnya bagi manusia. Sebutkan dan jelaskan juga manfaat ekosistem buatan tersebut terhadap ekosistem yang ada.
• Jelaskan manfaat membersihkan selokan di sekitar rumah bagi manusia. Jelaskan juga cara-cara membersihkan lingkungan yang justru dapat mencemari lingkungan.
• Jelaskan usaha-usaha yang dapat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar rumahmu menjadi ramah lingkungan.
• Tuangkanlah semua penemuan dan penjelasanmu ke dalam sebuah tabel. Gunakan contoh berikut ini sebagai petunjukmu
Manfaat ekosistem buatan yang ada di lingkungan | Ekosistem buatan yang ada di lingkungan |
---|---|
|
|
Cara tidak benar dalam memelihara ekosistem buatan | Cara benar memelihara ekosistem buatan |
|
|
Akibat yang timbul karena kesalahan memelihara ekosistem buatan yang tidak benar | Manfaat memelihara ekosistem buatan dengan benar |
|
|
Usaha-usaha memelihara ekosistem buatan | |
|
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 166 167 168 169, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 5, Menanam Bakau
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 158 159 160 161, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 3, Selamat Datang, Air Bersih!