Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 158 159 160 161, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 3, Selamat Datang, Air Bersih!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 158 159 160 161, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 3, Selamat Datang, Air Bersih!
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 158 159 160 161, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 3, Selamat Datang, Air Bersih!

Tika jadi penasaran. Ia melihat ada potongan batu bata, ijuk, arang, pasir, dan kerikil. Ada juga drum plastik, keran air, lem pipa, pisau, dan beberapa timba air.

Tika memperhatikan kerja Bang Mursali. Mula-mula, ia membuat lubang dengan jarak 10 sentimeter dari dasar drum. Ukuran diameter lubang disesuaikan dengan diameter keran. Setelah lubang selesai, keran dipasang dengan menggunakan lem pipa.

“Tika mau menyusun benda-benda ini ke dalam drum?” tunjuk Ayah pada batu bata, ijuk, arang, pasir, dan kerikil.

Bacaan Lainnya

Tika mengangguk cepat. Ia sudah tak sabar ingin ikut membantu.

Ayah membimbing Tika mengisi drum. Kerikil diletakkan di bagian dasar, lalu berturut-turut ijuk, pasir, arang, ijuk lagi, dan terakhir potongan batu bata.

“Selesai!” Bang Mursali mengacungkan jempolnya pada Tika.

Ayah mengambil air kuning beberapa timba. Lalu, air itu dimasukkan ke dalam drum. Beberapa menit kemudian, air keluar melalui keran. Walaupun belum terlalu bening, warna kuning air itu sudah mulai memudar

“Horeee!” Tika berteriak gembira.

“Nanti lama, kelamaan airnya akan lebih bening lagi, Pak,” jelas Bang Mursali.

Bunda datang membawa goreng pisang dan teh hangat. “Sudah dapat kejutannya, kan, Nak?” tanya Bunda.

Tika mengangguk. Ternyata, ini kejutan yang Bunda maksud. Kalau di sekolah hanya belajar teori, hari ini Tika belajar IPA secara langsung.

“Selamat datang, air bersih!

 

A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut.

1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?
Jawaban:
Tokoh utama pada cerita tersebut adalah Tika.

2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?
Jawaban:
Permasalahan yang terjadi pada cerita adalah air bersih masih sulit didapat. Air di tempat tersebut berwarna agak kuning.

3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?
Jawaban:
Dalam bacaan “Selamat Datang Air Bersih”, pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut adalah penggunaan penyaring air sederhana untuk menghilangkan warna kekuningan pada air sehingga menjadi lebih bening.

4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?
Jawaban:
Pesan yang diperoleh dari cerita adalah kita harus menjaga ketersediaan air bersih

B. Kegiatan Proyek

Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

• Carilah informasi dari berbagai sumber tentang cara penjernihan air.

Jawaban:

Salah satu cara mendapatkan air bersih adalah menggunakan saringan air sederhana. Pada saringan air sederhana ini selain menggunakan kerikil, sabut kelapa, ijuk, dan arang juga ditambah satu buah lapisan spon sebagai lapisan terakhir. Saringan air yang kita buat ini hanya merupakan simulasi bagaimana cara untuk mendapatkan air bersih secara sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah kita. Pada pembuatan saringan air yang sesungguhnya tentu diperlukan bahan-bahan yang lebih banyak.

Pos terkait