Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 156 157, Kegiatan Dua Sehari di Sungai Ciliwung

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 156 157, Kegiatan Dua Sehari di Sungai Ciliwung
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 156 157, Kegiatan Dua Sehari di Sungai Ciliwung

“Ya, kita harus berbuat sesuatu untuk mencegahnya,” tanggap Dimas. Lalu, ia berkata lagi, “Nah, karena Aldi telah membantu Kakak, setelah ini, kita akan menyusuri sungai dengan perahu karet.” “Hore!” Aldi melonjak gembira.

Di perahu karet, Aldi memandangi aneka jenis tumbuhan yang berjajar di tepi sungai. Aldi berjanji tidak akan membuang sampah sembarangan lagi. Ia ingin turut melestarikan lingkungan agar makhluk hidup di sekitarnya tidak punah.

Kunci Jawaban Halaman 156

A. Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan tersebut.

Bacaan Lainnya

1. Siapakah tokoh utama pada cerita tersebut?

Jawaban: Tokoh utama pada cerita tersebut adalah Aldi dan Dimas.

2. Permasalahan apakah yang timbul pada cerita tersebut?

Jawaban: Permasalahan yang timbul pada cerita di atas adalah Sungai Ciliwung yang tercemar akibat aktivitas masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

3. Bagaimanakah pemecahan masalah berdasarkan cerita tersebut?

Jawaban: Supaya tidak bertambah parah, maka perlu berbuat sesuatu untuk mencegahnya, dengan cara tidak membuang sampah ke sungai.

4. Pesan apakah yang dapat kamu petik dari cerita tersebut?

Jawaban: Kita semua wajib melestarikan lingkungan agar makhluk hidup di sekitar kita tidak punah.

Kunci Jawaban Halaman 157

B. Kegiatan Proyek

Bersama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.

– Tentukan jaring–jaring makanan yang mungkin ada pada ekosistem sungai. Lalu, gambarlah jaring-jaring tersebut pada sebuah kertas ukuran A4.

– Jelaskanlah kemungkinan yang terjadi dengan jaring-jaring makanan di dalam ekosistem sungai jika sungai tercemar oleh sampah dari kegiatan manusia.

– Carilah sebuah artikel dari berbagai sumber tentang usaha-usaha yang dilakukan masyarakat untuk menjaga ekosistem sungai. Lalu, tentukan usaha yang dapat kamu lakukan terhadap ekosistem sungai yang ada di lingkunganmu.

– Presentasikanlah hasil kerja kelompokmu di depan kelas dengan percaya diri.

Jawaban masih dicari.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 160 161 Kegiatan 3, Selamat Datang Air Bersih

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 152 153, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua dan guru untuk memandu proses belajar anak.

Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Tahun 2017.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 5 Ekosistem, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud Tahun 2017.
– Pojokedukasi.com

(Halo Belajar)

Pos terkait