HALO BELAJAR – Berikut disajikan kunci jawaban untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI/. Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya Pembelajaran 5 yang mulai dari halaman 130 sampai 137.
Tema yang dibahas yaitu Tema 5 Ekosistem, Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Kunci jawaban berikut berisi pembahasan soal pada halaman 132, 133, 134, dan 137. Kunci jawaban juga menguraikan materi ‘menentukan pokok pikiran dan informasi penting ke dalam bentuk peta pikiran dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai teks bacaan berdasarkan peta pikiran yang telah dibuat’, ‘membuat sebuah buklet mengenai berbagai macam kegiatan manusia yang dapat memengaruhi keseimbangan ekosistem’, dan ‘merancang dan memilih warna wajah topeng’.
Nah, simaklah Kunci jawaban Tema 5 Kelas 5 berikut. Semoga kunci jawaban ini juga dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142 dan 147, Subtema 3 Pembelajaran 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 122 124 125 126 128 129, Subtema 3 Pembelajaran 4
Hari ini kita akan belajar:
– Menjelaskan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
– Menjelaskan salah satu jenis karya seni Nusantara.
– Menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni Nusantara.
Perhatikanlah gambar-gambar di atas! Pernahkah kamu melihat peristiwa seperti pada gambar di atas? Ceritakanlah tentang gambar tersebut kepada teman sebangkumu. Menurutmu, apakah penyebab terjadinya peristiwa tersebut? Apa akibat dari peristiwa tersebut terhadap ekosistem di perbukitan tersebut? Apakah jaring-jaring makanan yang ada pada ekosistem tersebut terpengaruh? Tindakan apa yang dapat dilakukan agar peristiwa tersebut dapat dicegah?
Tahukah kamu bahwa manusia dapat melakukan perubahan pada sebuah ekosistem? Beberapa kegiatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dapat mengubah ekosistem yang ada di sekitarnya.
Udin bersemangat sekembalinya dari kegiatan olahraga. Ia terlihat bugar dan siap dengan kegiatan berikutnya. Tiba-tiba ia dikejutkan dengan suara kentongan yang cukup keras berasal dari perkampungan di dekat sekolah. Bunyi kentongan bambu itu menunjukkan ada kebakaran di sekitar situ. Ketika ia hendak keluar halaman sekolah, para guru memintanya untuk tetap berada di sekolah karena kebakaran terjadi jauh dari sekolah. Dari kejauhan, Udin dapat melihat asap mengepul dari bukit dekat perkampungan penduduk. Udin ingin tahu mengapa kebakaran itu terjadi. Apakah kebakaran tersebut karena ulah manusia atau kebakaran karena kemarau? Apa pun penyebabnya, ekosistem di bukit itu pasti mengalami perubahan.