Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 SD Halaman 44 46 49 50 53, Subtema 1 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 SD Halaman 44 46 49 50 53, Subtema 1 Pembelajaran 5
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 SD Halaman 44 46 49 50 53, Subtema 1 Pembelajaran 5

Pertanyaan: Dim mana burung kutilang berbunyi?
Jawaban teman: Di pucuk pohon cemara

Pertanyaan: Bagaimana bunyi burung kutilang?
Jawaban teman: Tri-li-li li-li li-li li-li

Ayo Berdiskusi

Bacaan Lainnya

Diskusikan dengan temanmu! Makna kata-kata berikut!

Jawaban: 

1. Kata: Cemara
Maknanya: Pohon yang berbatang tinggi lurus. Pohonnya menyerupai tiang, daunnya kecil-kecil seperti lidi.

2. Kata: Bersiul
Maknanya: Menirukan bunyi suling dengan mulut.

3. Kata: Jemu
Maknanya: Bosan.

4. Kata: Berseru
Maknanya: Menarik perhatian dengan suara nyaring.

5. Kata: Paruh
Maknanya: Mulut burung, ayam, dan itik.

Kamu perlu menguji hasil diskusimu. Caranya dengan mengerjakan latihan berikut.

Petunjuk:

Temukan kata yang sesuai dengan maknanya!
1. Mulut burung, ayam, dan itik.
2. Menirukan bunyi suling dengan mulut.
3. Menarik perhatian dengan suara nyaring.
4. Kata yang sama dengan bosan.
5. Pohon yang berbatang tinggi lurus. Pohonnya menyerupai tiang, daunnya kecil-kecil seperti lidi.

Dengarkan petunjuk gurumu! Kerjakan latihan berikut!

Jawaban: 

Kunci Jawaban Halaman 46

Ayo Membaca

Pahami puisi berikut! Bacalah dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!

Burung Berkicau

Di pagi hari
Kulihat engkau berayun-ayun
Sambil berkicau
Kadang kuingin memiliki
Sayap dan suara sepertimu
Suara yang sangat merdu
Kicauan di langit biru

Karya: Erika Artha Dini, SD Negri Kebumen 1

Berikan tanggapan tampilan temanmu! Seperti kelebihan dan kelemahan dalam membaca puisi!

Jawaban:

Kelebihan: Suara jelas, intonasi tepat.
Kelemahan: Gerakan kurang.

Beni telah selesai membersihkan sangkar burung. Beni menggantungkan sangkar burung di tempatnya semula. Kemudian Beni bermain di taman. Mainan di taman banyak macamnya. Ada mainan bergelantungan. Ada mainan perosotan. Ada mainan ayunan. Beni memilih mainan untuk bergelantungan.

Ayo Mencoba

Apa yang sedang dilakukan Beni? Bergantung. Pernahkah kamu melakukan seperti Beni? Pernah.

Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti arahan gurumu!

Kunci Jawaban Halaman 49

Ayo Bercerita

Ceritakan gerakan yang dilakukan Beni! Tuliskan pada kotak berikut.

Jawaban:

Pertama kali, gantung tangan pada tiang gantungan dengan berpegang di tiang dan kaki lurus ke bawah. Saat badan sudah tergantung, angkat paha ke depan. Kemudian, tekuk kaki ke belakang. Lalu panjangkan kaki ke depan. Setlah itu panjangkan kaki ke belakang, dan angkat paha ke samping.

Beni mempunyai banyak teman. Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul. Teman Beni ada yang menjadi pengurus masjid. Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni. Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban banjir. Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik. Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila.

Kunci Jawaban Halaman 50

Ayo Berlatih

Pos terkait