Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas! Mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Jawaban:
Pertanyaan: Alat apa yang digunakan untuk mengukur panjang?
Jawaban teman: Penggaris dan meteran.
Pertanyaan: Apabila benda yang diukur sangat panjang, alat apa yang digunakan?
Jawaban teman: Meteran.
Sebutkan benda yang diukur panjangnya! Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda. Sebutkan alat ukur panjang lainnya! Beni mengukur panjang piano. Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali. Beni juga dapat menggunakan meteran. Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.
Kunci Jawaban Halaman 28
Ayo Mencoba
Perhatikan gambar berikut! Berikan centang (v) untuk benda yang diukur dengan meteran!
Ayo Membaca
Amatilah percakapan berikut!
Kunci Jawaban Halaman 32
Ayo Berlatih
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut!
Jawaban:
1) Penggaris dan meteran merupakan alat ukur untuk mengukur panjang.
2) 3 m = 300 cm
3) 4 m = 400 cm
4) 5 m = 500 cm
5) 6 m = 600 cm
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 14 15 17 18 19, Subtema 1 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 35 37 39 40, Subtema 1 Pembelajaran 4
Kegiatan Bersama Orang Tua
Berdiskusilah cara menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. Permintaan maaf kepada ibu, ayah, kakak, dan adik. Juga kepada nenek, kakek, paman, bibi, sepupu, dan tetangga. Kamu dapat menyertakan juga pengakuan kesalahan yang dilakukan. Kemudian, berlatih mengukur panjang benda menggunakan penggaris dan meteran.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 5 Pengalamanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas II Tema 5 Pengalamanku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)