Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 140 dan 141, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 4, Membuat Kliping Berbagai Interaksi Sosial

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 140 dan 141, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 4, Membuat Kliping Berbagai Interaksi Sosial
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 140 dan 141, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 4, Membuat Kliping Berbagai Interaksi Sosial

HALO BELAJAR – Kunci jawaban Tema 4 Kelas 5 SD/MI di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

Tema 4 berjudul Sehat Itu Penting. Pembelajaran 4 dimulai dari halaman 140 dan 141.

Pada pembelajaran 4 ini, materi yang dibahas antara lain ‘Membuat Kliping Berbagai Interaksi Sosial’. Materi merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.

Bacaan Lainnya

Berikut penjabaran kunci jawaban Tema 4, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: ‘Membuat Kliping Berbagai Interaksi Sosial’ untuk adik-adik Kelas 5 SD/MI.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 142 dan 143, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 5, Menyiapkan Pemajangan Karya
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Halaman 136 137 138 139, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 3, Menulis Laporan Percobaan Peredaran Darah

Membaca Cerita

Bacalah cerita berikut.

Kunjungan ke SLB

Sabtu pagi anak-anak SD Bina Bangsa berkumpul di sekolah. Hari itu mereka akan mengadakan kunjungan ke SLB Budi Luhur. Bus pun mulai berjalan perlahan menuju SLB Budi Luhur. Anak-anak menikmati perjalanan dengan gembira. Di dalam bus mereka menyanyi dan tertawa. Tak terasa perjalanan sudah satu jam, bus akhirnya sampai di tempat tujuan. Anak-anak turun dari bus. Ibu guru meminta anak-anak untuk menjaga ketertiban. Di pintu gerbang, para pengasuh SLB Budi Luhur menyambut kedatangan anak-anak dengan ramah. Ibu guru dan anak-anak didampingi oleh pengasuh SLB menuju aula. Di aula anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) sudah menanti mereka. Ada yang tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autisme. Ibu guru menyuruh anak-anak SD Bina Bangsa bersalaman dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Joni dan Aryo berbisik-bisik. ”Kita nggak usah salaman dengan mereka. Lihat ada yang tangannya buntung, dia ‘kan nggak bisa salaman,” kata Joni. “Iya, itu ada yang buta. Dia nggak bisa melihat kita. Kita langsung masuk saja,” jawab Aryo. Joni dan Aryo enggan bersalaman dengan anak-anak SLB. Mereka langsung nyelonong masuk.

Anak-anak SD Bina Bangsa bergabung di aula dengan anak-anak SLB Budi Luhur. Ibu guru mengajak anak-anak bermain bersama. Ibu guru membuat games membangun menara dari sedotan, membuat lingkaran dari kertas, dan tebak gambar berantai. Anak-anak SD Bina Bangsa dan anak-anak SLB Budi Luhur berbaur. Mereka bermain dengan semangat dan gembira. Suasana menjadi akrab dan menyenangkan.

Setelah selesai bermain, acara dilanjutkan dengan menampilkan pentas seni dari anak-anak SLB Budi Luhur. Penampilan pertama dua anak tuna netra menyanyikan sebuah lagu berjudul “Jangan Menyerah” dan seorang anak tuna rungu memainkan piano. Semua terpesona dan terharu mendengar suara merdu dan alunan piano yang ditampilkan. Banyak yang tak kuasa menahan air matanya.

Pos terkait