Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3 Pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3 Pembelajaran 2
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 90 91 92 93, Subtema 3 Pembelajaran 2

Berikut adalah sebuah percakapan iklan layanan masyarakat tentang buah lokal.

Kunci Jawaban Halaman 90 91 92 93

Ayo Bermain Peran

Bacalah dengan saksama dan peragakanlah

Bacaan Lainnya

Siswa 1: “Lihat apa yang kubawa!”

Siswa 2: “Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”

Siswa 1: “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”

Siswa 3: “Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi, aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”

Siswa 2: “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”

Siswa 1: “Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas.

Jawaban:

Beberapa keunggulan buah lokal antara lain:
– Harganya jauh lebih murah.
– Lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek.
– Buah lokal lebih aman untuk dikonsumsi
– Konsumsi buah lokal membantu memberdayakan petani lokal

Dalam kelompok yang berisi lima orang, buatlah sebuah iklan layanan masyarakat untuk media elektronik tentang salah satu buah lokal yang paling banyak terdapat di daerahmu.

Tentukan kata-kata kunci untuk percakapan iklanmu. Gunakan kalimat percakapan yang baik dan santun. Peragakanlah iklan layanan masyarakatmu tentang buah lokal di depan kelas secara bergantian.

Jawaban:

Simaklah percakapan berikut!

Siswa 1: “Aku punya tebak-tebakan nih. Jika anaknya 1 orang, ibunya berjumlah 2 orang. Jika anaknya 2 orang, maka ibunya berjumlah 1 orang. Jika ibunya 3 orang, maka tidak punya anak. Apa hayoo??”

Siswa 2: “Wah, apa itu? Kok kayaknya susah ditebak?”

Siswa 1: “Jawabannya buah salak, buah salak dibagi menjadi 3 buah. Dan juga terdapat sat keunikan lagi. Jika yang besar 1 buah, maka yang kecil 2 buah. Dan jika yang besar 2 buah, maka yang kecil 1 buah. Tidak pernah dijumpai buah salak yang berisi 4 daging buah.”

Siswa 3: “Oh, buah salak, ya? Aku juga suka membeli buah salak. Akan tetapi, aku membeli buah salak hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah.”

Pos terkait