Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 85 86 87, Subtema 3 Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 85 86 87, Subtema 3 Pembelajaran 1
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 85 86 87, Subtema 3 Pembelajaran 1

Contoh iklan

Obat Diare Scantona

Pria 1: “Aduh perutku mulas!” (meringis sambil memegangi perutnya)

Bacaan Lainnya

Wanita 1: “Makanya makan makanan yang bebas bakteri, sehingga perut tidak mulas!”

Pria 2: “Tidak bawa Scantoma, ya?” (tersenyum sambil memegang obat Scantoma)”

Narator: “Untuk gangguan perut karena bakteri atau virus, gula pada susu, penyakit usus, dan stress segera atasi dengan minum Scantoma. Scantoma mengatasi penyebab diare hingga tuntas. Scantoma berperan aktif dalam memperkuat dinding lambung dan usus kecil berkat kandungan agen sitoprotektifnya!”

Pria 1: “Minta Scantomanya!”

Pria 2: “Minta? Beli!” (sambil tertawa)

Narator: “Perut tmulas karena diare, pilih yang benar! Scantoma. Scantoma datang diare hilang!”

Bacalah percakapan Edo dan Beni di bawah ini

Edo: “Wah, ternyata menarik sekali ya kegiatan belajar kita hari ini”.

Beni: “Iya Do, sedari tadi aku memperhatikan betapa asyiknya kamu mengerjakan semua tugas. Kamu sampai lupa makan siang ya?”

Edo: “Oh iya Beni… aku sampai lupa. Bahaya nih, mag ku bisa kambuh lagi. Padahal setelah ini kita akan belajar sistem pencernaan. Aku perlu energi agar dapat konsentrasi pada pelajaran berikutnya.”

Beni: “Betul sekali Do, tubuh memerlukan energi yang di dapat dari makanan yang kita konsumsi dan dicerna oleh sistem pencernaan tentunya. Ayo Do, kamu makan siang dulu.”

Edo: “Baiklah. Terima kasih ya Ben sudah mengingatkan

Benar sekali apa yang dikatakan Edo. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu sistem kompleks dalam tubuh adalah sistem pencernaan. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan pada manusia? Masih ingat kah kamu pembelajaran mengenai organ-organ dalam sistem pencernaan manusia?

Kunci Jawaban Halaman 87

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Setiap kelompok akan membuat diagram sistem pencernaan berikut nama dan fungsi tiap-tiap organ di dalamnya.

Baca dan ikutilah langkah pengerjaan berikut.

1. Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.
2. Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan manusia.
3. Agar pengerjaan lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan tugas kepada tiap-tiap anggota untuk menggambar organ-organ tersebut. Berilah warna dan gunting dengan rapi.
4. Urutkan dan tempel organ-organ tersebut pada diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.
5. Tuliskan fungsi dari tiap-tiap organ dengan rapi pada kertas kerja atau dapat juga pada kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.
6. Bekerja samalah dengan baik, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja dalam kelompok.
7. Selamat belajar.

Pos terkait