Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 105, Subtema 3 Pembelajaran 4

Pada pertemuan sebelumnya, kelompokmu sudah mulai membuat rancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keragaman sebagai modal pembangunan bangsa. Buatlah naskah untuk iklan kelompokmu dengan menentukan judul iklan beserta tokoh-tokohnya. Durasi iklan adalah 2-4 menit. Pastikan menggunakan tokoh yang berasal dari keberagaman yang dapat kamu temui dari lingkungan sekitar. Gunakan kalimat berbahasa Indonesia yang baik dan santun.

Jawaban:

Iklan Layanan Masyarakat Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Bacaan Lainnya

• Jumlah pemeran: Empat Orang
• Judul iklan: Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa
• Naskah iklan:

Adegan 1:
Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.

Siswa: “Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?”

Siswa 2: “Kalau aku sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang.”

Siswa 3: “Yah… aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa…”

Siswa 4: “Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih…”

Siswa: “Jangan bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?”

Siswa 1: “Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?”

Siswa 2 dan 3: “Setuju ! (bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berlalu dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Adegan 2:
Tampak Siswa 2 sedang duduk di teras rumahnya menunggu teman-teman yang akan berlatih menari. Beberapa saat kemudian 3 orang temanya pun datang.

Siswa 2: “Akhirnya datang juga. Ayoo langsung masuk ke dalam!? (mereka berempat masuk ke dalam rumah)

Siswa 1: “Wah sudah siap latihan nih, Ayoo dong ajarin saya tari Jawa !”

Siswa 2: “Tenang saja. Yuk kita mulai, kalian ikuti gerakanku dari belakang ya!”

Mereka pun asyik latihan tari bersama-sama dengan suasana riang dan gembira.

Adegan 3
Selesai latihan mereka berempat berbincang-bincang di teras rumah.

Siswa 3: “Ternyata mempelajari tari Jawa tidak sesulit yang aku bayangkan sebelumnya.”

Siswa 4: Iya… aku juga. Ternyata gerakannya mudah.”

Siswa 1: “Itulah keberagaman budaya bangsa kita. Berbeda itu indah dan berbeda itu biasa.”

Siswa 2: “Perbedaan asal suku yang ada diantara kita bukan penghalang untuk saling mengenal budaya masing-masing.”

Siswa 1,2,3, dan 4: (bersamaan sampil mengepalkan tangan) “Berbeda itu indah. Yesss !!!”

Pos terkait