Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Kunci Jawaban Halaman 48
Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
Jawaban:
1. 200 cm = 200 cm : 100 cm = 2 m
2. 500 cm = 500 cm : 100 cm = 5 m
3. 6 m = 6 x 100 cm = 600 cm
4. 400 cm = 400 cm : 100 cm = 4 m
5. 7 m = 7 x 100 cm = 700 cm
6. 2 m 45 cm = 2 x 100 cm + 45 cm = 200 cm + 45 cm = 245 cm
7. 4 m 32 cm = 4 x 100 cm + 32 cm = 400 cm + 32 cm = 432 cm
8. 8 m 79 cm = 8 x 100 cm + 79 cm = 800 cm + 79 cm = 879 cm
9. 4 m 8 cm = 4 x 100 cm + 8 cm = 400 cm + 8 cm = 408 cm
10. 70 m 9 cm = 70 x 100 cm + 9 cm = 7.000 cm + 9 cm = 7.009 cm
Kunci Jawaban Halaman 49
Ayo Berlatih
Lakukanlah aktivitas berikut ini!
1. Perhatikan gambar benda yang harus kamu ukur!
2. Ukurlah bagian benda sesuai gambar!
3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa menggunakan alat ukur)
4. Ukurlah dengan menggunakan alat ukur!
5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!
Jawaban:
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 50 51 53 54 55 56, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 35 36 37 38, Subtema 1 Pembelajaran 4
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua bersama siswa mengumpulkan benda-benda yang tidak terpakai menjadi benda yang bermanfaat. Misalnya membuat pot tanaman dari botol bekas atau kaleng.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Perubahan Wujud Benda, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 3 Perubahan Wujud Benda, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)