Setelah mendeskripsikan secara lengkap semua fakta hasil pengamatan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya adalah mendiskusikan fakta-fakta tersebut.
Sebagai contoh apabila diketahui suatu fakta bahwa “di lingkungan sekolah hanya ada beberapa tanaman”, siswa dapat mempertanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Mengapa hanya ada sedikit tanaman di lingkungan sekolah?
Jawaban:
Tanaman di lingkungan sekolahku tidak sedikit, tidak pula banyak.
2. Apa akibat sedikitnya tanaman di lingkungan sekolah?
Jawaban:
Sekolah akan terasa gersang dan panas serta tidak indah.
3. Apakah perlu untuk menambah jumlah tanaman di lingkungan sekolah? Jika perlu, bagaimana caranya?
Jawaban:
Ya, jumlah tanaman di lingkungan sekolah perlu ditambah. Caranya setiap siswa bisa membibitkan tanaman yang ada di sekolah. Bisa dengan dicangkok atau dengan penyerbukan.
Selanjutnya pertanyaan-pertanyaan itu dapat dianalisis lebih jauh untuk mencari jawaban-jawabannya. Caranya dengan mengumpulkan informasi yang berkaitan sebanyak mungkin.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 120, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 117 dan 118, Subtema 3 Pembelajaran 6
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Siswa SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas V Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)