HALO BELAJAR – Kunci jawaban berikut merupakan materi pembelajaran 1 yang terdapat pada halaman 119. Materi dan pembahasan yang diambil berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 untuk Kelas 5 SD/MI.
Kunci jawaban berikut merujuk pada Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi, Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan.
Sementara itu, materi yang dibahas berupa ‘Mengamati Lingkungan’.
Kunci jawaban ini dapat digunakan oleh adik-adik kelas 5 SD/MI sebagai pedoman dalam mempelajari pembelajaran 1. Oleh karena itu, simaklah dengan saksama!
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 120, Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi: Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 117 dan 118, Subtema 3 Pembelajaran 6
Mengamati dan Mendeskripsikan
Amatilah lingkungan sekolahmu. Dari hasil pengamatan itu catatlah fakta-fakta antara lain sebagai berikut.
1. Apakah lingkungan sekolah dekat dengan pabrik, jalan raya, pasar, atau di daerah pedesaan?
Jawaban:
Lingkungan sekolahku dekat dengan jalan raya. Sekolahku jauh dari pedesaan dan tidak dekat dengan pabrik. Sekolahku juga tidak dekat dengan pasar.
2. Berapa banyak tanaman di lingkungan sekolah?
Jawaban:
Di lingkungan sekolahku ada beberapa jenis tanaman.
3. Tanaman apa saja yang ada di lingkungan sekolah?
Jawaban:
Ada 2 pohon lindung, ada 3 jenis pohon buah-buahan yaitu pohon saos, pohon mangga, dan pohon belimbing. Selebihnya ada banyak jenis tanaman bunga.
4. Bagaimana kondisi tumbuhan di lingkungan sekolah?
Jawaban:
Semua jenis tumbuhan di sekolahku subur. Semua anggota seolah berkewajiban merawat lingkungan, termasuk tumbuhan. Semua siswa juga wajib menyiram bunga supaya tumbuh subur.
Kumpulkan sedikitnya 10 fakta dan deskripsikan secara lengkap. Kegiatan ini dilakukan berkelompok, tetapi buatlah laporan secara individual.
Laporan Pengamatan Lingkungan Sekolahku:
1. Lingkungan sekolahku dekat dengan jalan raya.
2. Sekolahku jauh dari pedesaan dan tidak dekat dengan pabrik.
3. Sekolahku tidak dekat dengan pasar.
4. Di lingkungan sekolahku ada beberapa jenis tanaman.
5. Di sekolahku terdapat 2 pohon lindung.
6. Di sekolahku terdapat 3 jenis pohon buah-buahan yaitu pohon saos, pohon mangga, dan pohon belimbing.
7. Di sekolahku terdapat banyak jenis tanaman bunga.
8. Semua jenis tumbuhan di sekolahku subur.
9. Semua anggota seolah berkewajiban merawat lingkungan, termasuk tumbuhan.
10. Semua siswa juga wajib menyiram bunga supaya tumbuh subur.
Mempertanyakan dan Menganalisis