R = 5
I = 8
H = 10
Sekarang, kita bantu Siti melakukan pengamatan pertumbuhan pohon sirih, yuk!
Pohon sirih yang baru ditanam berada di posisi A (pada angka 0).
Setelah beberapa waktu panjang pohon sirih ada di posisi B (pada angka 2).
Dari posisi A menjadi posisi B berpindah 2 satuan. Kita dapat menuliskan bentuk penjumlahannya 0 + 2 = 2
Contoh lainnya
Panjang pohon sirih ada di posisi angka 3. Setelah beberapa waktu, pohon sirih bertambah 2 satuan.
Jawaban:
3 + 2 = 5
Jika panjang pohon sirih di angka 4 dan setelah beberapa waktu tumbuh 7 satuan, berapa panjang pohon sirih sekarang?
Jawaban:
4 + 7 = 11
Kunci Jawaban Halaman 115 dan 116
Ayo Berlatih
Selesaikanlah penjumlahan di bawah ini menggunakan garis bilangan!
Jawaban:
1. 5 + 2 = 7
2. 3 + 8 = 11
3. 4 + 4 = 8
4. 6 = 3 = 9
5. 3 + 9 = 12
Kunci Jawaban Halaman 117 dan 118
Ayo Mengamati
Siti sedang membantu ibu merapikan lemari baju. Di lemari ada beberapa kain batik milik ibu. Siti memperhatikan motif yang ada pada kain batik. Ada bermacam-macam motif daun dan bunga. Siti sangat tertarik dengan motif daun dan bunga. Setelah membantu ibu, Siti menggambar hiasan dengan motif tumbuhan.
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Dari keempat gambar tersebut, motif mana yang paling kamu sukai?
Jawaban:
Dari ke-4 gambar motif diatas, yang paling aku sukai adalah yang berada di bagian bawah paling kiri.
2. Apa yang menarik dari motif yang kamu sukai?
Jawaban:
Warnanya cantik, selain itu coraknya juga bagus.
3. Warna apa yang akan kamu gunakan untuk membuat gambar motif hias tumbuhan?
Jawaban:
Hijau (daun dan batang), (warna) merah, kuning, dan pink.
Mengapa?
Jawaban:
Karena menurut saya warna itu sangat cocok untuk dipadukan.
Kunci Jawaban Halaman 118
Ayo Berkreasi
Kita bantu Siti membuat motif hias tumbuhan, yuk! Motif hias akan lebih indah bila diberi warna.
Jawaban:
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 120 122 123 124, Subtema 3 Pembelajaran 2
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 3 Halaman 97 98 99 100 102 103 104, Subtema 2 Pembelajaran 6
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Orang tua mengajak siswa untuk mengamati motif hias tumbuhan pada batik atau tenun lokal.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.