HALO BELAJAR – Nah adik-adik, berikut disajikan kunci jawaban untuk pembelajaran 5, subtema 4, tema 1, khususnya bagi adik-adik kelas 5 SD/MI.
Pembahasan kunci jawaban ini berdasarkan pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017, Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, Subtema 4 Kegiatan Berbasis Proyek.
Untuk pembelajarannya yaitu Pembelajaran 1 yang mulai dari halaman 199 sampai 200.
Kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu adik-adik dalam mempelajari Tema 1. Bagi orang tua dan guru juga berguna untuk mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga:Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 197 198, Karyaku Prestasiku, Kliping Kekayaan Bangsaku
Tahukah kamu pepatah yang berbunyi “Mencegah lebih baik daripada mengobati”? Ya, salah satu cara mencegah timbulnya penyakit adalah dengan cara menjaga dan merawat kesehatan. Sehat itu penting. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas jika kita sehat. Coba bayangkan jika kamu sakit, sedih, bukan?
Begitu juga dengan kesehatan pada organ gerak manusia. Mengingat pentingnya peran organ gerak, maka sudah seharusnya kita menjaga dan merawatnya.
Kegiatan 1
Dokter Kecil
Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa mengenai jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ gerak manusia. Siswa dapat menunjukkan akibat-akibat terganggunya organ gerak. Siswa bekerjasama dengan salah satu temannya. Ada siswa yang menjadi dokter dan ada siswa yang menjadi pasien. Dalam kegiatan ini siswa melakukan dialog dengan bahasa yang benar. Dialog mereka tentang jenis penyakit yang diderita pasien dan cara menanggulanginya.
Siswa yang menjadi pasien juga menanyakan faktor-faktor penyebab munculnya kelainan pada organ gerak manusia. Siswa menuliskan dialog yang dilakukan. Kemudian, siswa mempraktikkan seolah-olah menjadi dokter dan pasien.
Langkah Kegiatan
1. Siswa menentukan pasangan dalam melakukan kegiatan ini.
2. Siswa mencari informasi jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ gerak manusia. Siswa juga mencari informasi akibat-akibat terganggunya organ gerak.
3. Siswa menuliskan dialog untuk mempraktikkan dokter kecil dan pasiennya.
4. Siswa berlatih mengucapkan dialog yang dibuat.
5. Siswa mempraktikkan dokter kecil dan pasiennya.
Kriteria Keberhasilan
1. Siswa dapat memahami jenis penyakit yang berhubungan dengan
gangguan pada organ gerak manusia.
2. Siswa juga dapat menunjukkan akibat-akibat terganggunya organ gerak manusia.
3. Siswa mengetahui faktor-faktor penyebab terganggunya atau munculnya kelainan-kelainan pada organ gerak manusia.
4. Siswa kreatif dalam melakukan kegiatan.
5. Siswa dapat menuliskan dialog dengan bahasa yang benar.
6. Siswa dapat berdialog atau berkomunikasi dengan baik.
7. Siswa dapat bekerja sama dengan temannya.