HALO BELAJAR – Adik-adik, mari simak kunci jawaban pembelajaran 5, subtema 2, tema 1, untuk kelas 4 SD/MI berikut.
Kunci jawaban ini khusus untuk kelas 4 SD/MI, dengan materi yang merujuk pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Kunci jawaban di bawah ini membahas tentang pembelajaran 5 yang terdapat pada halaman 116 sampai 121, Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, Tema 1 Indahnya Kebersamaan.
Soal yang dibahas terdapat pada halaman 117 118 119 120 121. Adapun pembahasan materi meliputi ‘menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk’, ‘mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk’, ‘membandingkan hasil penaksiran dan pengukuran’, ‘menyajikan hasil penaksiran dan pengukuran’, ‘menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia, dan ‘menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia’.
Kunci jawaban ini dapat adik-adik gunakan sebagai pedoman dalam belajar. Orang tua dan guru juga dapat menggunakannya untuk mengoreksi jawaban siswa.
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 123 124 125 127, Subtema 1 Pembelajaran 6
Baca juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 111 113 114 115, Subtema 2 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Halaman 117 118
Ayo Berkreasi
Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk?
Diskusikan dan peragakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut dalam posisi duduk. Setelah kamu cukup menguasai gerakannya, berlatihlah secara berkelompok dengan iringan musik.
Perhatikan arahan dan peragaan dari guru terlebih dahulu.
Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai? Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan.
Masih ingat tangram yang telah kamu pelajari sebelumnya? Pada tangram tersebut juga terdapat bentuk yang berbeda-beda.
Coba kamu perhatikan kembali berbagai tangram berikut. Dengan bentuk yang berbeda-beda, kita bisa membentuk bangun atau gambar baru yang menarik dan kreatif.
Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut. Tulis taksiranmu untuk besar masing-masing sudut yang sudah kamu beri huruf pada tabel berikut.
Jawaban:
Sekarang buktikan taksiranmu dengan mengukur menggunakan busur derajat dan tuliskan hasilnya pada tabel di atas.
Tulis kesimpulanmu tentang hasil pengukuran sudut tersebut.