Ayo Mengamati
Carilah sebuah tiket bekas. Mintalah bantuan ayah, ibu, atau saudaramu dengan bahasa yang sopan.
Laporkanlah isi dari tiket itu.
Contoh: Saya mendapatkan tiket masuk Kebun Buah. Pada tiket masuk Kebun Buah tertulis No. 354.
Perhatikan nomor salah satu tiket masuk ke kebun buah bernomor 354. 354 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya kubus ada 354
Dibaca tiga ratus lima puluh empat
Bilangan 454 digambarkan sebagai kubus satuan sebagai berikut.
Banyaknya kubus ada 454
Dibaca empat ratus lima puluh empat
Kunci Jawaban Halaman 46
Ayo Menulis
Tuliskan lambang bilangan berikut dengan kata-kata!
Jawaban:
1. 675 = Enam ratus tujuh puluh lima
2. 565 = Lima ratus enam puluh lima
3. 875 = Delapan ratus tujuh puluh lima
4. 345 = Tiga ratus empat puluh lima
5. 985 = Sembilan ratus delapan puluh lima
—
Kegiatan Bersama Orang Tua
Siswa mengulang kembali cara menuliskan bilangan tiga angka dengan didampingi orang tua. Setelah itu, siswa bercerita mengenai pengalaman kejadian di rumah yang mengamalkan sila keempat atau kelima Pancasila. Orang tua menanggapi cerita siswa dengan antusias.
—
*)Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Sumber:
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
– Buku Guru SD/MI Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
(Halo Belajar)